Berita Dunia Islam Terdepan

Ribuan warga Amerika melakukan unjuk rasa mendukung Palestina

Para pendukung mengangkat bendera Palestina dan menuntut agar Amerika berhenti memberikan bantuan militer kepada "Israel". (Foto: Twitter, ‏@carmenlopezmar7)
5

CHICAGO (Arrahmah.com) – Ribuan orang Amerika telah mengambil bagian dalam beberapa aksi unjuk rasa besar-besaran di Chicago dan New York, AS, untuk mengekspresikan dukungan mereka terhadap rakyat Palestina dalam menghadapi kekerasan “Israel”, lansir Albawaba.

Menurut perkiraan, hingga 2,000 demonstran turun ke jalan-jalan di New York pada Ahad (18/10/2015) dengan membawa bendera Palestina.

Protes yang diselenggarakan oleh Mahasiswa NYC untuk Keadilan di Palestina, yang merupakan bagian dari gerakan yang lebih luas yang disebut NY4Palestine. Para pengunjuk rasa meneriakkan “Bebaskan Palestina” dan mereka turun ke jalan dari Manhattan ke Times Square, tempat kerumuman tumbuh semakin besar.

Para pengunjuk rasa mengutuk kekerasan “Israel” terhadap Palestina dan gelombang agresi selama beberapa minggu terakhir.

Aktivis Yahudi juga ikut dalam aksi mendukung perjuangan Palestina dan menentang kebijakan Perdana Menteri “Israel” Benjamin Netanyahu yang agresif.

Ketegangan meningkat di Times Square ketika aktivis Palestina berhadapan dengan aksi massa pro-“Israel” yang juga diadakan di pusat Manhattan. Tidak ada kecelakaan besar dalam aksi tersebut.

Aksi lain di Chicago juga menarik ribuan orang yang turun di jalan-jalan sambil membawa plakat dan bendera Palestina untuk menyuarakan dukungan mereka bagi bangsa tertindas.

Kerumunan besar, yang diselenggarakan oleh Koalisi untuk Keadilan di Palestina, berbaris di pusat kota dekat Kongres dan Michigan Avenue. Mereka juga menuntut agar segera diakhirinya agresi “Israel” terhadap warga Palestina.

Para pengunjuk rasa mendesak pemerintah AS untuk berhenti menggunakan pajak mereka untuk mendukung “Israel”. Mereka juga menyerukan memboikot rezim “Israel” dan mereka harus bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia terhadap Palestina.

Menurut sumber Palestina, setidaknya 45 warga Palestina tewas oleh tembakan “Israel” sejak konflik baru pecah pada awal Oktober.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...