Berita Dunia Islam Terdepan

Sudan kirimkan pasukan ke Yaman untuk mendukung koalisi pimpinan Saudi

Ratusan tentara Sudan tiba di Aden. (Foto: Al Arabiya)
4

ADEN (Arrahmah.com) – Sebuah batalion pasukan Sudan tiba di kota pelabuhan Yaman, Aden, pada Sabtu (17/10/2015), ujar pejabat militer, memperkuat pasukan Arab Saudi yang berusaha untuk mengalahkan milisi Syiah Houtsi yang mengambil alih kekuasaan.

Aden, kota pelabuhan strategis di Yaman menjadi basis bagi pemerintah Yaman yang diakui negara-negara Barat dan Arab setelah milisi Syiah Houtsi menduduki ibukota Sana’a dan memaksa presiden AbdRabbu Mansur Hadi melarikan diri ke selatan.

Sumber militer di Aden mengatakan bahwa 300 tentara Sudan termasuk petinggi telah tiba melalui laut pada Sabtu (17/10), lansir Al Arabiya.

“Tujuan mereka adalah untuk membantu menjaga keamanan kota dan melawan Houtsi serta Saleh (mantan diktator Yaman-red),” ujar sumber tersebut mengacu kepada pasukan loyalis Ali Abdullah Saleh yang bersekutu kepada Houtsi.

“Pasukan kami di Yaman siap untuk melakukan tugas militer mereka di bawah komando pimpinan militer aliansi,” ujar juru bicara militer Sudan, Brigjen Ahmad Khalifa Alshami.

“Sudan berkomitmen untuk mengembalikan legitimasi di Yaman.”

Juru bicara koalisi pimpinan Saudi mengonfirmasi kedatangan pasukan Sudan kepada saluran televisi Arab. Mereka akan bergabung dengan kontingen dari Uni Emirat Arab, Arab Saudi dan Bahrain. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...