Berita Dunia Islam Terdepan

Sejumlah program dakwah Islam sukses dilaksanakan YMPM di Mentawai

7

MENTAWAI (Arrahmah.com) – Sejumlah program dakwah Islam telah sukses dilaksanakan Yayasan Muslim Peduli Mentawai (YMPM) di Mentawai. Lembaga yang sangat fokus untuk memperjuangkan Islam di Bumi Mentawai Darussalam ini diantaranya telah menyalurkan 20 ekor sapi dan 2 ekor kambing ke sejumlah daerah di Mentawai, dari Siberut, Sipora hingga Sikakap, dalam pelaksanaan program penyembelihan hewan kurban tahun 2015 atau 1436 Hijriyah.

Kelancaran program penyembelihan hewan kurban tersebut kemudian dilanjutkan dengan sejumlah program lainnya. Di antara program perjuangan dakwah mulia tersebut ialah:

  1. Penyerahan paket daging dan sembako untuk 450 kepala keluarga dhu’afa

Penyerahan 450 paket daging dan sembako dilaksanakan di Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Bantuan tersebut merupakan bentuk kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional dalam program Pekan Gizi Nusantara (PGN). Program PGN ini telah dilaksanakan pada Ahad (11/10/2015), di mana masing-masing kepala keluarga mendapatkan bantuan berupa 1 kilogram daging, 5 kilogram beras, 2 liter minyak goring, dan 1 bungkus kecap 600 ml.

  1. Pembuatan sumur sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat Siguluguluk

YMPM pada bulan April telah mendirikan sebuah masjid di Dusun Siguluguluk, Desa Saliguma Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Namun masjid ini belum memiliki sumur yang bisa digunakan jamaah untuk berwudhu.

Alhamdulillah melalui bantuan muhsinin dari Semarang yang bekerja di Qatar, YMPM menerima uang bantuan sebesar Rp 15.000.000 untuk pembuatan sumur.

Masyarakat Siguluguluk sebelumnya juga tidak memiliki air bersih yang layak untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Maka pengurus YMPM pun mempersilahkan kepada masyarakat Siguluguluk secara keseluruhan, baik umat Muslim maupun umat Kristiani, untuk menikmati air sumur yang sangat jernih pemberian dari Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui muhsinin dari Qatar tersebut.

  1. Survei pembelian tanah untuk persiapan pembangunan Masjid di Tiop, Kecamatan Siberut Selatan

Di Desa Tiop ada 10 kepala keluarga yang berjanji akan bersyahadat. Mantan kepala desa, Bapak Petrus, termasuk di antara mereka yang telah memantapkan niat untuk memeluk Islam. Sepuluh kepala keluarga tersebut sangat berharap agar di Desa Tiop dibangun sebuah Masjid. Meskipun sekarang mereka masih beragama Nasrani, mereka sangat bersemangat untuk mencari lahan yang akan dijual sebagai tempat yang akan dibangunkan Masjid “Darussalam”. Alhamdulillah, tanah tempat akan dibangunkan masjid sudah dapat.

Dengan izin Allah Subahnahu wa Ta’ala, pengurus YMPM yang langsung dipimpin Ustadz Muhammad Shiddieq langsung menemui Bapak Petrus dan 10 kepala keluarga yang berjanji akan bersyahadat itu. Dalam dialog panjang pada Selasa (13/10), pengurus YMPM langsung menetapkan waktu pembelian tanah, pembangunan masjid dan waktu pensyahadatan.

  1. Persiapan pendirian TK Islam di Siguluguluk.

Setelah memeluk Islam, anak-anak TK Muslim sangat membutuhkan Sekolah TK di Siguluguluk. Sebab persyaratan untuk masuk SD harus mempunyai ijazah tamat TK. Gedung tempat mereka menumpang selama ini sudah tidak nyaman lagi dipergunakan dengan berbagai alasan yang sangat masuk akal. YMPM bertekad akan membelikan lahan untuk sekolah TK, membangunkan gedung sekolah permanen dan in syaa Allah akan menjadikannya sebagai Sekolah Percontohan di Mentawai.

  1. Mencari kader untuk Program Akademi Dakwah Hidayatullah selama 1 tahun.

YMPM mendapatkan tawaran emas dari Hidayatullah untuk bekerjasama dalam mengkader da’i pedalaman. Dalam kerjasama ini, Hidayatullah akan berperan menyediakan seluruh fasilitas pengkaderan, sementara YMPM berperan mempersiapkan sumber daya manusia, transportasi, kebutuhan para peserta pengkaderan dan keluarga yang ditinggalkan bila sudah berkeluarga. Alhamdulillah, sebanyak 5 warga Mentawai telah bersedia berpartisipasi dalam pengkaderan ini.

  1. Pembagian sembako di Siguluguluk dan Gotab. Dua perkampungan Muallaf yang rutin dibina YMPM.
  2. Persiapan pembuatan perkampungan Islami di Siberut dengan luas tanah 7 hektar
  3. Penyerahan pakaian kepada para Muallaf dan kaum Muslimin di Kepulauan Siberut
  4. Pemberian ceramah atau tausiyah di sejumlah perkampungan Muallaf di Mentawai
  5. Pemberian bantuan beasiswa kepada Muallaf yang berprestasi berupa uang
  6. Pemberian bantuan kesejahteraan kepada para da’i yang berdomisili di Mentawai
  7. Pemberian santunan kepada kaum du’afa berupa uang

Demikian di antara sejumlah program mulia yang telah berhasil dilaksanakan oleh YMPM. Sebelumnya, YMPM juga telah mengirim kader terbaik pejuang dakwah masa depan yang merupakan anak Muallaf Mentawai untuk kuliah ke Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Berikut sejumlah foto kegiatan perjuangan dakwah YMPM di Mentawai:

ar-y2
YMPM
ar-y3
YMPM
ar-y4
YMPM
ar-y5
YMPM
ar-y6
YMPM
ar-y7
YMPM
ar-y8
YMPM
ar-y1
YMPM

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...