Berita Dunia Islam Terdepan

Delegasi Houtsi kunjungi Iran untuk menerima senjata

Milisi Syiah Houtsi saat menduduki ibukota Sana'a September 2014. (Foto: AP)
2

TEHERAN (Arrahmah.com) – Delegasi milisi Syiah Houtsi Yaman baru-baru ini mengunjungi Teheran untuk memperoleh dukungan dan terutama menerima pengiriman senjata, sumber informasi di Sana’a mengatakan kepada kantor berita Al Arabiya.

Sumber tersebut mengatakan delegasi termasuk sejumlah pemimpin Houtsi dan dipimpin oleh Nayef Al-Qanes, wakil presiden komite revolusioner Houtsi.

Sumber juga menambahkan bahwa delegasi akan menyampaikan kepada para pejabat Iran permintaan mendesak oleh pemimpin Houtsi, Abdulmalik Al-Houthi untuk segera melakukan pengiriman senjata tambahan setelah pasukan koalisi pimpinan Saudi membuat beberapa keuntungan di lapangan, lansir Al Arabiya pada Selasa (6/10/2015).

Delegasi akan bertemu dengan para pejabat Iran khususnya pemimpin Garda Revolusi untuk membahas kemungkinan memberikan Houtsi lebih banyak ahli militer Iran untuk meningkatkan kemampuan militer Houtsi.

Hal ini datang setelah milisi Houtsi baru-baru ini mengalami beberapa kerugian dalam pertempuran mereka melawan pasukan pro-pemerintah Yaman yang diakui dan didukung oleh negara-negara Barat dan Arab Saudi di seluruh negeri.

Sebelum mengunjungi Teheran, delegasi mengunjungi Beirut di mana mereka bertemu dengan pemimpin milisi Syiah Libanon yang menamai diri mereka “Hizbullah”, Hassan Nasrallah.

Menurut laporan Al Arabiya, selama kunjungan, delegasi diduga menyuarakan rasa terima kasih Abdulmalik untuk dukungan “Hizbullah” dalam mengirim ahli militer Yaman. Wallahua’lam. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...