Berita Dunia Islam Terdepan

Mujahidin IIA mengaku bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Hercules C-130 milik AS di Jalalabad

Pesawat Hercules C-130 milik AS. (Foto: AP)
1

JALALABAD (Arrahmah.com) – Mujahidin Imarah Islam Afghanistan (IIA) pada Jum’at (2/10/2015) mengatakan telah menembak jatuh pesawat C-130 milik AS di Afghanistan timur dengan NATO membenarkan bahwa sebuah pesawat AS terjatuh di sana dan 11 orang termasuk 6 tentara AS tewas dalam peristiwa tersebut.

NATO tidak mengungkapkan penyebab kecelakaan, namun peristiwa tersebut datang saat pasukan boneka Afghanistan yang didukung oleh pasukan khusus NATO dan dukungan udara AS, berupaya merebu kembali kota Kunduz yang dikuasai Mujahidin IIA sejak Senin lalu.

“Mujahid kami telah menembak jatuh sebuah pesawat AS di Jalalabad,” ujar juru bicara IIA, Zabiullah Mujahid yang menuliskan pernyataannya di Twitter, lansir AFP.

“Berdasarkan informasi yang dipercaya, 15 pasukan pendudukan dan sejumlah tentara boneka tewas,” lanjut pernyataan Mujahid.

Bandara militer Jalalabad terletak di rute utama dari perbatasan Pakistan menuju Kabul dan wilayah tersebut menjadi target serangan berulang dalam beberapa tahun terakhir.

Bandara tersebut merupakan pangkalan militer utama.

Pesawat Hercules C-130 adalah pesawat kargo yang dibangun oleh Lockheed Martin. Didukung dengan empat mesin turboprop dan digunakan secara luas untuk membawa pasukan dan peralatan berat. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...