Berita Dunia Islam Terdepan

Ethiopia akan kirimkan 1.000 tentara tambahan ke Somalia untuk memerangi Asy-Syabaab

Tentara Ethiopia
1

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Pemerintah Ethiopia mengungkapkan rencana pengiriman pasukan tambahan ke Somalia selatan untuk menggantikan pasukan Sierra Leone yang menarik diri dari negara tersebut pada Desember lalu karena wabah Ebola di negara mereka.

Pasukan Ethiopia yang akan dikirimkan ke Somalia akan berbasis di Shabelle bawah, termasuk kota pelabuhan Kismayo untuk membantu pemerintah lemah Somalia yang berupaya mengusir Mujahidin Asy-Syabaab dari wilayah tersebut, menurut sumber militer seperti dilansir Shabelle Media.

Dua minggu yang lalu, komandan militer dari kementerian pertahanan Ethiopia telah mengunjungi Kismayo dan mereka berjanji akan menyebarkan lebih dari 1.000 tentara dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan dalam memerangi Mujahidin Asy-Syabaab.

Saat ini pasukan Ethiopia telah bergabung dan menjadi bagian dalam Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) yang terdiri dari berbagai negara Afrika termasuk Kenya, Uganda, Djibouti dan Burundi.

Di masa lalu, pasukan Ethiopia pernah melakukan intervensi militer di Somalia, namun mereka mengalami kekalahan telak memalukan dan ditendang keluar dari Somalia oleh Mujahidin Somalia. Namun mereka kembali memasuki Somalia di bawah payung AMISOM dalam beberapa tahun terakhir. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...