Berita Dunia Islam Terdepan

Koalisi pimpinan Saudi menyita kapal nelayan sarat senjata Iran yang akan diselundupkan untuk pemberontak Syiah Houtsi di Yaman

2

OMAN (Arrahmah.com) – Pasukan koalisi yang dipimpin Saudi pada Rabu (30/9/2015) mengatakan telah merebut kapal nelayan Iran yang sarat dengan senjata di laut Oman. Senjata itu dilaporkan akan dikirim untuk pemberontak Syiah Houtsi di Yaman, lansir MEE

Sebuah pernyataan koalisi mengatakan bahwa kapal itu dicegat pada Sabtu (26/9) dan bahwa 14 warga Iran dan senjata termasuk granat anti-tank juga ditemukan di kapal itu.

Pengumuman ini datang setelah PBB menuduh koalisi yang dipimpin Arab menewaskan sedikitnya 131 warga sipil ketika mereka mengebom sebuah aula pernikahan pada hari Senin di dekat kota Laut Merah Mokha. Tuduhan itu telah dibantah oleh koalisi pimpinan Saudi.

Riyadh mengatakan pada hari Rabu bahwa berkas yang ditemukan menunjukkan bahwa kapal itu terdaftar sebagai kapal Iran yang dilisensi untuk memancing oleh pemerintah Iran.

Arab Saudi dan sekutu koalisinya telah berulang kali menyatakan bahwa Iran mempersenjatai pemberontak Houtsi yang mengontrol sejumlah wilayah di Yaman.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...