Berita Dunia Islam Terdepan

Mujahidin IIA memperkuat pengaruhnya di Afghanistan timur setelah menguasai sebuah pos militer

Mujahidin Imarah Islam Afghanistan
5

PAKTIKA (Arrahmah.com) – Saat serangan Mujahidin Imarah Islam Afghanistan (IIA) terus meningkat di provinsi utara Kunduz dan selatan Helmand, mereka juga terlihat memperkuat pengaruhnya di wilayah Afghanistan timur. Sebuah video yang dirilis online yang berasal dari provinsi Paktika, memperlihatkan Mujahidin IIA menguasai sebuah pos militer di sepanjang perbatasan Pakistan.

IIA merilis video berjudul “Pembebasan Ghwasta” yang menunjukkan sejumlah besar pejuang menyerang dan kemudian berjalan di dalam pos militer yang dibangun oleh AS di distrik Waza Khwa, provinsi Paktika, lansir LWJ pada Selasa (22/9/2015).

Rekaman tersebut dirilis di website Voice of Jihad, website resmi IIA berbahasa Inggris pada Senin (21/9). Tanggal pasti serangan tersebut tidak disebutkan, namun pernyataan mengatakan bahwa serangan dilancarkan beberapa minggu sebelum video dirilis.

Menurut IIA, daerah Ghwasta telah dibersihkan dari pasukan bayaran setelah puluhan dari mereka tewas dan terluka, banyak kendaraan hancur dan sejumlah besar senjata dan amunisi disita oleh Mujahidin.

Video juga memperlihatkan kendaraan militer yang dirampas oleh Mujahidin, termasuk Humvee buatan AS, dan sejumlah besar senjata, roket, mortir, amunisi dan perlengkapan lainnya.

Juga dalam rekaman terlihat interview dengan Mawlawi Muhammad Iqbal, Wakil Gubernur Provinsi Paktika. Gubernur untuk provinsi Paktika adalah Bilal Fateh, yang pada Agustus lalu berbai’at kepada Mullah Akhtar Muhammad Mansur, amir baru IIA.

Pemerintah boneka Afghanistan mengklaim bahwa Taliban (baca: Imarah Islam Afghanistan) hanya menguasai 4 dari 400 distrik di seluruh provinsi. Namun diketahui bahwa IIA mengontrol jauh lebih banyak dari jumlah tersebut. Di Paktika, distrik Bermal, Dila, Nika, Urgun, Yahya Khel, Waza Khwa, Yusuf Khel, dan Ziruk telah berada di bawah kendali IIA.

Distrik Waza Khwa berbatasan dengan provinsi Baluchistan Pakistan, di mana IIA juga memiliki pengaruh yang cukup besar. Di kota-kota seperti Zhob dan Qila Saifullah, Mujahidin telah mendirikan madrasah, pusat perekrutan, kamp pelatihan, dan pusat komando

Untuk melihat atau mengunduh video silakan kunjungi link di bawah ini:

Full HD

https://archive.org/details/DaGwashtiFathaHd

Download

https://archive.org/download/DaGwashtiFathaHd/DaGwashtiFathaHd.mp4

Mobile MP4

https://archive.org/details/DaGgwashtiFathaMobileMp4

Download Link

https://archive.org/download/DaGgwashtiFathaMobileMp4/DaGwashtiFathaMobile.mp4

3GP

https://archive.org/details/DaGwashtiFatha3gp

Download Link

https://archive.org/download/DaGwashtiFatha3gp/DaGwashtiFatha3gp.3gp

(haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...