Berita Dunia Islam Terdepan

Italia menyelamatkan ribuan pengungsi di lepas pantai Libya

Italia menyelamatkan ribuan pengungsi di lepas pantai Libya.
1

ROMA (Arrahmah.com) – Sekitar 4.700 pengungsi telah diselamatkan di lepas pantai Libya ketika mereka mencoba untuk mencapai Eropa, tapi satu wanita ditemukan tewas, kata penjaga pantai Italia, sebagaimana dilansir oleh Al Jazeera, Jum’at (11/9/2015).

Penjaga pantai Italia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mengkoordinasikan 20 operasi penyelamatan yang melibatkan banyak kapal untuk mengambil sebanyak 4.343 pengungsi dari perahu karet dan tongkang.

Dalam salah satu perahu karet, penjaga pantai menemukan jazad seorang wanita, kata penjaga pantai tanpa menentukan penyebab kematianya.

Sebanyak 335 orang lainnya juga dijemput dari laut sebagai bagian dari misi penyelamatan yang dikoordinasikan oleh Yunani dan sedang diarahkan ke pelabuhan di Italia untuk menurunkan mereka.

Operasi penyelamatan itu dilakukan oleh kapal-kapal dari penjaga pantai dan angkatan laut Italia, kata lembaga kemanusiaan Doctors Without Borders.

Puluhan ribu orang, terutama dari Afrika dan Timur Tengah, telah mencoba untuk menyeberangi Mediterania tahun ini, melalui perjalanan berbahaya dengan menggunakan kapal kecil yang tidak cocok untuk pelayaran. Mediterania telah menjadi titik persimpangan paling mematikan di dunia bagi pengungsi.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...