Berita Dunia Islam Terdepan

Turki operasikan bis bertenaga surya

Bis pertama Turki yang bertenaga surya. (Foto: WB)
9

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Turki mengoperasikan sebuah bis umum bertenaga surya pertamanya pada Rabu (19/8/2015). Bis ramah lingkungan ini merupakan bagian inisiatif Kota Istanbul untuk mengurangi dampak emisi karbon terhadap lingkungan.

Perusahaan Terowongan dan Tram Listrik Istanbul (IETT), sebuah perusahaan bis umum kota itu, memperkenalkan proyek bis ramah lingkungan pada sebuah konverensi press di Istanbul, sebagaimana dilaporkan World Bulletin, Rabu (19/8).

“Jutaan penduduk menggunakan angkutan umum. Syukurlah, dengan adanya proyek ini kami berupaya mengurangi emisi karbon dan menyediakan tabungan bahan bakar,” ujar Fatmanur Yilmaz, insinyur lingkungan perusahaan itu.

Perusahaan itu akan meluncurkan hanya 1 bis bertenaga surya secara penuh pada Kamis (20/8). Namun, beberapa hari berikutnya sejumlah bis lainnya juga dioperasikan.

Melayani lebih dari 14 juta penduduk, angkutan umum di Istanbul mengisi 30% total transportasi harian disana.

Bis itu akan dihiasi sebuah slogan, “Kami telah memikirkan masa depan dan telah menggunakan tenaga surya pada transportasi umum.” Kalimat itu tertera pada pinggir badan bis yang seluruh atapnya ditutupi 15 panel surya.

Sementara saat peluncuran, mesin bis prototip masih digerakkan gas. Panel surya baru mendukung fungsi baterai dan sistem kelistrikan bis, termasuk TV, Wi-Fi dan kamera.

“Proyek ini akan meningkatkan kesadaran di antara masyarakat tentang lingkungan,” lanjut Yilmaz.

Sebelumnya, pada Oktober 2014, perusahaan IETT juga memperkenalkan Botobus ramah lingkungan lainnya, yang memiliki kebun organik di atas atapnya. Maasyaa Allah. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...