Berita Dunia Islam Terdepan

Jumlah Muslim Krimea yang akan tunaikan Haji tahun ini meningkat dua kali lipat

Crimean_Muslims_Flock_to_Hajj
4

SIMFEROPOL (Arrahmah.com) – Kuota Haji negara Semenanjung Laut Hitam tahun ini telah meningkat dua kali lipat dari tahun lalu, menurut laporan wakil perdana menteri Republik Krimea.

“Kuota jamaah Haji dari Krimea berisi 300 kursi. Namun, dengan mempertimbangkan aktivitas Muslim Krimea, meningkat menjadi 322 orang,” kata Wakil Perdana Menteri Republik Krimea Ruslan Balbec, lapor kantor berita Itar Tass pada Senin (7/9/2015), sebagaimana dilansir OnIslam.

“Kami memecahkan rekor tahun lalu, ketika kami mengirim 150 jamaah Haji. Ketika Krimea masih menjadi bagian dari Ukraina kami mengirim sekitar 100 orang,” tambahnya.

Tahun lalu, 150 Muslim Krimea menunaikan ibadah Haji, sementara tahun ini lebih dari 300 orang akan mendatangi tanah suci tahun ini, bergabung bersama jutaan Muslim lainnya dari seluruh dunia.

Jumlah jamaah Haji Krimea diperkirakan akan meningkat lagi pada 2016 hingga 400 atau bahkan 600 orang. Sebuah kesepakatan telah ditandatangani antara Menteri urusan Haji Arab Saudi dan kepala Misi Haji Rusia.

“Pada 2016, berdasarkan kesepakatan itu, kuotanya sebanyak 400 kursi. Memperhitungkan sampai sejauh mana Muslim Krimea akan pergi ke tempat suci, kami akan meminta misi Haji Rusia untuk 600 kursi,” kata wakil Perdana Menteri.

Sementara itu, 155 calon jamaah Haji telah memulai perjalanan mereka dengan pesawat dari bandara Simferopol pada Senin (7/9), 172 lainnya berangkat pada Selasa (8/9).

Perjalanan Haji, yang akan berlangsung selama tiga pekan, akan memakan biaya sekitar USD 2,600, menurut misi Haji Rusia.

Ibadah Haji 2015 diperkirakan akan jatuh antara 20 September hingga 25 September, atau 8 Dzul Hijjah hingga 12 Dzul Hijjah kalender Hijriah. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...