Berita Dunia Islam Terdepan

Pemimpin Muslim gugur ditembak di Thailand selatan

Militer Thailand beroperasi di Pattani (Foto: WB)
2

PATTANI (Arrahmah.com) – Seorang pemimpin Muslim di selatan Thailand telah gugur (syahid insyaa Allah) ditembak pada Sabtu (5/9/2015) di Provinsi Pattani, sebagaimana dilaporkan sebuah media lokal. Sebelumnya ia telah selamat dari beberapa percobaan pembunuhan serupa, innalillaahi wainna ilaihi raaji’uun.

World Bulletin melansir bahwa Dormeng Benjaewan, imam berusia 76 tahun dari Masjid Payonok di distrik Saiburi telah ditembak beberapa kali oleh tersangka yang menggunakan pillion atau sepeda motor di depan sebuah toko makanan.

Bangkok Post melaporkan bahwa, ia dialihkan ke rumah sakit lokal dimana ia syahid akibat luka parah di kepala dan badannya.

Benjaewan adalah tokoh yang dihormati oleh penduduk lokal dan telah bekerja dengan otoritas Thailand untuk menyelesaikan konflik panjang di perbatasan Malaysia, yang berpopulasi 80% Muslim Melayu itu.

Sejumlah imam telah terbunuh dalam konflik tersebut, seiring meningkatnya perlawanan terhadap pemerintah yang anti-Islam.

Pada Agustus 2013, dalam kasusu lain, Imam Yacob Raimanee dari masjid pusat Pattani -masjid utama di selatan- ditembak di kota Pattani.

Kelompok di balik pembunuhan Raimanee, merupakan kunci utama pencetus konflik yang memanas antara otoritas dan perlawanan. Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi terkait penangkapan pelaku sederet penembakan imam-imam di Pattani. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...