Berita Dunia Islam Terdepan

Konvoy 140 kendaraan relawan Austria menuju Hungaria untuk menolong pengungsi Suriah

Konvoy relawan Austria menuju Hungaria untuk membantu para pengungsi. (Foto: Reuters)
2

WINA (Arrahmah.com) – Konvoy sekitar 140 relawan telah berangkat dari Wina pada Ahad (6/9/2015) untuk menyeberang ke Hungaria untuk mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi dan membawa mereka kembali ke Austria.

Para penonton, pejalan kaki yang dilewati oleh konvoy meneriakkan: “Katakan dengan keras, katakan dengan jelas, pengungsi diterima di sini,” tulis aktivis dalam akun Facebook-nya seperti dilansir Al Jazeera.

Konvoy membawa bantuan untuk pengungsi seperti makanan, air, produk sanitasi, pakaian hangat dan boneka.

Konvoy bertujuan untuk menyeberang ke Hungaria setelah berhenti di pusat penerimaan pengungsi di Nickelsdorf, di perbatasan Hungaria.

Kurto Wendt, penyelenggara kampanye mengatakan kepada Reuters bahwa ia tidak takut ditahan di Hungaria.

“Semua orang akan benar-benar menjadi gila jika mereka menangkap orang yang mendukung apa yang telah mereka putuskan secara politik, yaitu membiarkan orang-orang in (pengungsi) bergerak ke Austria. Resiko yang kami ambil sangat kecil dibandingkan dengan apa yang akan dilalui oleh para pengungsi,” ujarnya.

Austria dan Jerman telah membuka perbatasan mereka untuk ratuan pengungsi.

Saat ditanya mengapa mereka melakukan tindakan seperti itu jika pengungsi bisa naik bus atau kereta menuju perbatasan Austria, Wendt mengatakan: “Sepuluh orang anak dirawat di rumah sakit semalam. Orang-orang kelaparan, dengan pakaian seadanya. Jika tidak menyelamatkan mereka segera, mereka bisa mati, sehingga kami harus melakukan ini segera.”

Setelah konfrontasi dan kekacauan, Hungaria telah mengerahkan 100 bus semalam untuk mengambil ribuan pengungsi yang membanjiri Hungaria dari tenggara Eropa menuju ke perbatasan Austria. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...