Berita Dunia Islam Terdepan

Al Murobitun merilis video yang memperlihatkan tawanan asal Rumania

Screenshot dari video yang dirilis oleh Al Murobitun
4

BAMAKO (Arrahmah.com) – Al Murobitun, kelompok Jihad yang loyal terhadap Al-Qaeda dan aktif beroperasi di Mali dan wilayah Sahara, telah merilis video pendek di mana sandera Rumania berbicara di hadapan kamera. Video tersebut diproduksi oleh Media Al Ribat, sayap media resmi Al Murobitun dan diunggah di YouTube sebelum akhirnya diturunkan tanpa alasan yang jelas, seperti dilaporkan Long War Journal pada Rabu (2/9/2015).

Sandera dalam video tersebut diidentifikasi sebagai Iulian Ghergut.

Video memperlihatkan Ghergut duduk di depan pria yang mengenakan penutup wajah, menyatakan bahwa rekaman itu dibuat pada tanggal 18 Agustus. Dia mengatakan bahwa dia diculik oleh Al Murobitun di Tambao, wilayah yang dekat dengan perbatasan
Mali di Burkina Faso.

Ia meminta keluarganya untuk membebaskannya. Ia juga berharap direktur Pan African Minerals, perusahaan tempat ia bekerja, dan pemerintah Burkina Faso dan Rumania untuk membantu melepaskannya dan melakukan negosiasi, lanjut laporan LWJ.

Ghergut ditangkap dari lokasi penambangan di utara Burkina Faso pada awal April tahun ini. Al Murobitun mengeluarkan pernyataan kepada kantor berita Mauritania Al Akhbar yang menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas penangkapan itu.

Al Murobitun dipimpin oleh Mokhtar Belmokhtar yang disebut-sebut berada di balik beberapa serangan di Mali pada tahun ini dan kebanyakan terjadi di ibukota Bamako. Serangan termasuk serangan terhadap sebuah klub malam Mali yang menewaskan lima orang, percobaan pembunuhan terhadap seorang jenderal Mali dan serangan terhadap pasukan PBB, lansir LWJ. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...