Jamaah haji Indonesia mulai bergerak ke Makkah

Jamaah haji Indonesia bersiap menaiki bus menuju Makkah
13

MADINAH (Arrahmah.com) – Jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai bergerak ke Kota Makkah dari Madinah, Arab Saudi, Ahad (30/8/2015) pagi.

Jamaah sudah mulai bersiap untuk menuju Bir Ali sejak subuh. Setelah mengikuti arahan para petugas, jamaah pun dengan tertib memasuki bus-bus yang sudah tersedia di depan hotel.

“Total ada 12 kloter yang akan diberangkatkan ke Makkah hari ini. Jumlah jamaah 4.636,” kata Kepala Daerah Kerja Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, di Madinah, Ahad (30/8/2015), lansir Kemenag.go.id.

Para jamaah yang sudah mengenakan pakaian ihram di hotel pemondokan tampak sehat dan gembira menuju Makkah. Beberapa di antara mereka mengatakan sudah tidak sabar ingin melihat kabah secara langsung.

“Apalagi ini pertama kali saya berhaji. Keinginannya sudah sejak tahun 1990-an,” kata Mukhlis, seorang jamaah di Hotel Fairuziah Al-Khair.

Nasrullah menerangkan, jamaah haji Indonesia diberangkatkan ke Makkah dalam beberapa gelombang. Gelombang pertama yang sudah diberangkatkan pukul 07.00 waktu Arab Saudi diangkut dari enam hotel dengan jumlah bus lebih dari 50.

Gelombang selanjutnya akan menyusul pada pukyul 11.00 WAS, pukul 13.00 WAS, dan pukul 16.00 WIB. “Kita atur pemberangkatannya agar memasuki Makkah dengan tertib. Lagipula, ka nada ketentuan arus jamaah ke Makkah dibatasi hanya 3.000 jamaah per jamnya,” kata Nasrullah. (azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.