Ratusan pejuang IIA berkumpul di Kunduz untuk mengucapkan sumpah setia kepada Amir baru IIA Mullah Akhtar Muhammad Mansur

Mujahidin IIAdi wilayah Kunduz berkumpul untuk mengucapkan sumpah setia kepada Amir Mullah Akhtar Muhammad Mansur. (Foto: Voice of Jihad)
37

KUNDUZ (Arrahmah.com) – Ratusan pejuang Imarah Islam Afghanistan (IIA) bersenjata lengkap berkumpul di tempat terbuka di provinsi utara Afghanistan, Kunduz, untuk mengucapkan sumpah setia kepada Mullah Akhtar Muhammad Mansur hafidzahullah, amir baru IIA yang menggantikan Mullah Muhammad Umar Mujahid rahimahullah.

IIA merilis video pada Selasa (25/8/2015) di situs resminya, Voice of Jihad, yang memperlihatkan ratusan pejuang di Kunduz dan para pemimpinnya yang mengeluarkan pidato panjang sebelum membai’at Mullah Akhtar Muhammad Mansur. Video tersebut dirilis oleh Al Emarah Studio, Cabang Multimedia Komisi Budaya Imarah Islam Afghanistan.

Sejumlah besar pemimpin Mujahidin, tetua suku, penduduk lokal dan Mujahidin di provinsi Kunduz mengucapkan sumpah setia kepada amir baru IIA, Mullah Akhtar Muhammad Mansur (HA) di tangan Gubernur Kunduz (IIA), Mullah Abdul Salam Akhond, seperti dilansir Voice of Jihad.

Mullah Abdul Salam adalah salah satu dari beberapa gubernur IIA yang pernah ditahan oleh otoritas boneka Pakistan pada awal 2010. Ia kemudian dibebaskan dan kembali ke Afghanistan dan diangkat sebagai gubernur wilayah Kunduz, lansir Long War Journal pada Kamis (27/8)

Video memperlihatkan bahwa Mujahidin IIA di Kunduz termasuk para petingginya tidak takut berkumpul di tempat terbuka dan tinggal di sana dalam waktu yang lama. Mereka tidak mempedulikan akan kemungkinan serangan udara yang dilancarkan oleh AS atau pemerintah Afghanistan dan jelas menunjukkan bahwa mereka mengontrol wilayah tersebut. Puluhan bendera Liwa (putih) berkibar di tempat terbuka.

Selain itu, video juga memperlihatkan bahwa Mujahidin IIA telah merebut sejumlah kendaraan militer dan polisi dari tentara dan polisi boneka Afghanistan. Setidaknya tujuh Humvee AS dan sembilan truk Ford bak terbuka dikendarai oleh Mujahidin. Sejumlah besar pejuang IIA lainnya mengendarai sepeda motor. Selain itu, terdapat pejuang yang menunggang kuda.

Para Mujahid memegang tangan Gubernur Kunduz saat berbai'at kepada Mullah Akhtar
Para Mujahid memegang tangan Gubernur Kunduz saat berbai’at kepada Mullah Akhtar
Para petinggi Mujahidin di provinsi Kunduz memberikan pidato sebelum mengucapkan sumpah setia kepada amir baru
Para petinggi Mujahidin di provinsi Kunduz memberikan pidato sebelum mengucapkan sumpah setia kepada amir baru
Mujahidin mengendarai berbagai kendaraan, mulai dari motor hingga Humvee
Mujahidin mengendarai berbagai kendaraan, mulai dari motor hingga Humvee
Petinggi Mujahidin memberikan pidato
Petinggi Mujahidin memberikan pidato
Terlihat Mujahidin IIA yang menunggang kuda
Terlihat Mujahidin IIA yang menunggang kuda

(haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.