Kantor berita Turki melaporkan 771 militan PKK tewas selama satu bulan terakhir

Militan PKK Turki (Foto: Press TV)
10

ANKARA (Arrahmah.com) – Pasukan Turki telah menewaskan sedikitnya 771 militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak utara dan tenggara Turki selama empat minggu terakhir, ujar laporan kantor berita negara, Anatolia pada Jum’at (21/8/2015) seperti dilansir Middle East Online.

Anatolia yang mengutip sumber-sumber di intelijen militer, menambahkan bahwa 430 anggota PKK tewas dalam serangan udara di kamp-kamp mereka di Irak sedangkan 260 lainnya tewas dalam operasi darat di Turki tenggara.

Turki mulai meluncurkan serangan setelah 33 aktivis pro-Kurdi tewas pada 20 Juli lalu dalam serangan bom di perbatasan Suriah yang diduga dilakukan oleh ISIS.

Pada 24 Juli Ankara meluncurkan serangan udara pertama terhadap ISIS di Suriah dan kemudian juga mulai menyerang sasaran PKK di Irak utara dalam operasi militer di bawah slogan perang melawan teror.

PKK telah disalahkan untuk serangan yang telah menewaskan sekitar 50 tentara Turki. Serangan terakhir terhadap militer Turki terjadi pada Rabu (19/8) di mana ledakan bom ranjau yang dikendalikan dari jarak jauh telah menewaskan 8 tentara Turki di provinsi Siirt.

Beberapa pengamat mengatakan eskalasi ini bisa menghancurkan kemungkinan kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan oleh PKK yang telah berlangsung lebih dari 30 tahun. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.