Turki telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada lebih dari 40 negara di empat benua

26

TURKI (Arrahmah.com) – Turki telah memberikan bantuan kemanusiaan di lebih dari 40 negara di empat benua, membantu orang-orang yang terkena dampak bencana alam atau perang sipil, ungkap Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) Turki, sebagaimana dilansir oleh World Bulletin, Kamis (20/8/2015).

Relawan Turki telah memberikan bantuan kemanusiaan melalui organisasi amal, selain lembaga-lembaga negara lainnya, membantu jutaan orang yang terkena dampak konflik dan bencana.

AFAD, misalnya, telah mendirikan 25 pusat perumahan sementara bagi pengungsi Suriah di Turki, memberikan akomodasi bagi ribuan orang yang melarikan diri dari negara mereka setelah pecahnya konflik.

Jumlah total uang yang dikeluarkan dalam mendukung rakyat Suriah sejak April 2011 telah mencapai 5,6 miliar lira Turki (1,9 miliar dolar AS).

Tiga pusat perumahan lainnya didirikan di Irak utara, yang menelan biaya 52.800.000 lira Turki.

AFAD juga telah mengirimkan bantuan kemanusiaan senilai 456 juta lira Turki ke Somalia, sejak 2011.

Setelah gempa Nepal April 2015, AFAD mengirimkan bantuan medis senilai 814.000 lira Turki.

Turki merupakan peringkat ketiga dalam daftar negara yang paling memberikan bantuan kemanusiaan internasional pada tahun 2012 dan 2013, Badan Koordinasi dan Kerjasama Turki, TIKA, mengatakan dalam laporan Bantuan Pembangunan Turki 2013.

Laporan GHA pada tahun 2014 mengatakan bahwa sembilan dari sepuluh negara donor pada tahun 2013 menunjukkan kenaikan dalam jumlah bantuan mereka dari tahun sebelumnya. Lima negara donor terbesar pada tahun 2013 (US, UK, Turki, Jepang dan Jerman) mengalami peningkatan terbesar dalam jumlah bantuan kemanusiaan.

Negara yang paling dermawan menurut pendapatan nasional bruto (GNI) adalah Turki dengan 0,21 persen, ungkap laporan tersebut.

Lima negara atau wilayah penerima bantuan paling besar adalah Ethiopia, Afghanistan, Tepi Barat dan Jalur Gaza, Somalia dan Pakistan, kata laporan itu.

Tahun lalu, Bulan Sabit Merah Turki menghabiskan lebih dari 92 juta lira Turki untuk membantu lebih 810.000 orang di Turki dan di luar negeri yang menderita kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja dan bencana alam.

Beberapa LSM Turki juga aktif ikut serta dalam memberikan bantuan kemanusiaan di seluruh dunia.

IHH, misalnya, adalah salah satu yayasan bantuan terbesar di Turki; memiliki sekitar 100.000 relawan dari segala usia.

Yayasan ini memberikan bantuan kemanusiaan bagi sekitar 1,5 juta orang di Turki dan 96 negara lainnya pada bulan Ramadhan tahun lalu.

Organisasi kemanusiaan Turki mengirim beberapa bantuan ke beberapa negara seperti: Bangladesh; Ethiopia; Pakistan; Somalia; Bosnia-Herzegovina; Yaman; Afghanistan; Palestina; Irak dan banyak lagi yang lainnya.

Sementara itu, Yayasan Cansuyu Turki juga telah memberikan bantuan kemanusiaan selama bulan Ramadhan setiap tahun untuk 500.000 orang di 30 negara. Yayasan ini juga mendirikan sebuah panti asuhan di Gaza yang bisa menampung hingga 650 anak pada Mei 2015.

Bantuan pembangunan resmi Turki telah meningkat setiap tahun dari $ 85 juta pada tahun 2002 menjadi $ 3,3 miliar dalam tahun 2013, ungkap TIKA.
Dari total bantuan pembangunan resmi Turki pada 2013, sebanyak 49 persen dilaporkan sebagai bantuan kemanusiaan.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.