Iran tutup penyeberangan perbatasannya dengan Turki setelah sebuah truk diserang

Poster berisi foto petinggi Iran terlihat dari puncak bukit di perbatasan Turki-Iran di Esendere. (Foto: AFP)
41

TEHERAN (Arrahmah.com) – Iran telah menutup penyeberangan perbatasan utama menuju Turki setelah sebuah truk Iran diserang dan dibakar dalam sebuah serangan terbaru pada Selasa (11/8/2015) malam.

Laporan tersebut tidak mengatakan siapa yang melakukan atau motif di balik serangan, namun terjadi saat kerusuhan berkembang di Turki dalam beberapa pekan terakhir yang melibatkan separatis Kurdi.

“Setelah serangan baru kemarin malam di sebuah truk Iran di Turki, pos perbatasan Bazargan telah ditutup,” ujar Davoud Keshavarzian, kepala organisasi lalu lintas seperti dilaporkan AFP pada Rabu (12/8).

Namun ia mengatakan perbatasan tetap terbuka dari Turki ke Iran.

“Untungnya pengemudi masih hidup namun truknya terbakar,” lanjut Keshavarzian.

Iya menambahkan bahwa dirinya telah berbicara dengan duta besar Turki dan meminta agar pemerintah Turki menjamin keamanan pengemudi Iran di Turki.

Lebih dari 71.000 truk telah melewati Bazargan, yang terletak di barat laut Iran, sejak awal tahun fiskal Iran pada 20Maret.

Pada Sabtu (8/8) Iran memperingatkan warganya untuk menghindari perjalanan darat ke negara tetangga Turki setelah bus Iran diserang oleh sekelompok pria bersenjata di timur Turki.

Pada akhir Juli, Iran menangguhkan layanan kereta api antara Ankara dan Teheran setelah dua ledakan bom di kereta api di timur Turki. Dan sebuah bom meledak pada bulan lalu di pipa gas Iran-Turki di provinsi Agri, Turki timur. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.