Berita Dunia Islam Terdepan

Innalillaahi wainna ilaihi raaji’uun, Amir Imarah Islam Kaukasus syahid

Abu Utsman Ad-Dagestani (Foto: Lasdipo)
25

DAGESTAN (Arrahmah.com) – Duka kembali menyelimuti dunia Islam. Dua di antara Mujahid Kaukasus telah menjemput kesyahidan. Mereka adalah Syaikh Abu Utsman Gimrinsky atau Magomed Suleimanov (39); Amir Imarah Islamiyah Kaukasus dan Abu Muhammad Said Al-Arkany; Qaid wilayah Dagestan, pada Selasa kemarin (11/8/2015). Laporan ini telah dikonfirmasi oleh Kavkaz Centre -sebelum mengalami serangan cyber- dan akun Mujahidin Dagestan yang sekaligus memuat foto jasad kedua syuhada Panglima Mujahidin tersebut.

Lasdipo melansir pada Rabu (12/8) bahwa, kedua putra terbaik Kaukasus itu syahid –nahsabuhu kadzalik wallahu hasibuhu- dalam sebuah kontak senjata di wilayah Untskul, Dagestan. Awalnya, sejumlah Mujahid turun ke hutan Untskul. Akan tetapi, pihak boneka Dagestan yang berkiblat pada Rusia itu mengendus keberadaan Mujahidin Imarah Islam Kaukasus. Dari dugaan itu, penguasa boneka pun harus mengontak pasukan keamanan federal, tentara regular, unit kontra terorisme, dan pasukan dari departemen dalam negeri untuk menghadapi Mujahidin.

Kontak senjata pun tak terelakkan. Mujahidin memberikan perlawanan yang kuat dari sela-sela pepohonan hutan Untskul. Menurut salah satu sumber berita Dagestan, empat Mujahidin dilaporkan syahid dalam kontak senjata itu. Pasukan gabungan juga mengamankan tiga AK-47 dan dua pistol beserta amunisi dari lokasi kontak.

Abu Muhammad Said Al-Arkany (Foto: Lasdipo)
Abu Muhammad Said Al-Arkany (Foto: Lasdipo)

Pembunuhan top leader Mujahidin adalah strategi yang menjadi primadona dinas kontra terorisme Rusia. Sejak masa Jauhar Dudayev, Ibnu Khattab, hingga yang terakhir Abu Utsman Gimrinsky. Strategi serupa juga diberlakukan terhadap top leader Al-Qaeda. Syaikh Usamah bin Laden, Atiyatullah Al-Liby hingga yang terbaru Syaikh Nasir Al-Wuhaisy adalah beberapa nama yang memang masuk daftar nomor satu salibis internasional.

Abu Utsman Al-Gimrinsky sendiri belum lama menjabat sebagai Amir Imarah Islamiyah Kaukasus. Lulusan Universitas Fatah Al-Islamy Damascus itu diangkat menjadi amir menggantikan Ali Abu Muhammad Ad-Dagestani (Aliaskhab Kebekov) yang syahid pada 19 April 2015. Sedangkan Abu Muhammad Ad-Dagestani sendiri menggantikan Abu Utsman Dokka Umarov yang menjabat sebagai Amir Imarah Islamiyah Kaukasus sejak Oktober 2007-September 2013.

Innalillaahi wainna ilaihi raaji’uun. Semoga Allah Subhanahu waTa’ala menempatkan kedua syuhada Imarah Islam Kaukasus tersebut di Jannah yang tertinggi. Aamiin. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...