Berita Dunia Islam Terdepan

Erdogan: Barangkali Putin “lelah” dukung Assad

Recep Tayyip Erdogan bersama Vladimir Putin
8

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Turki tampaknya terus berupaya untuk meningkatkan pesan perlawanan terhadap diktator bengis asal Suriah Bashar Assad. Baru-baru ini disebutkan bahwa, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyatakan bahwa Rusia hendaknya memikirkan kembali seluruh dukungannya untuk Bashar Al-Assad.

Erdogan mengatakan pada hari Senin bahwa hendaknya Presiden Rusia Vladimir Putin tidak perlu lagi berpendapat bahwa ia akan mendukung Assad sampai akhir.

“Sikap Putin terhadap Suriah lebih menggembirakan dari sebelumnya,” kata Erdogan kepada wartawan di atas pesawat jet kepresidenan saat ia kembali dari perjalanan ke negara-negara Asia. Demikian Muqawamah melansir pada Selasa (4/8/2015).

Erdogan mengutip hasil pertemuan tatap muka dengan Putin di ibukota Azerbaijan dari Baku pada bulan Juni dan diikuti panggilan telepon. Ia mengatakan bahwa Putin telah menjadi “lebih positif” terhadap perkembangan di Suriah.

“Saya percaya dia bisa menyerahkan Assad,” kata Erdogan, menambahkan, “Sikap Putin terhadap Suriah saat ini lebih menggembirakan dari sebelumnya.”

Pemimpin Turki telah mengintensifkan kampanye melawan pemerintah Assad selama beberapa minggu terakhir. Pada saat yang sama, negara Turki juga melancarkan serangan di Suriah dengan tujuan meruntuhkan militan ISIS.

Erdogan telah menjadi salah satu kritikus paling sengit pada Assad sejak konflik dimulai empat tahun lalu. Rusia telah secara terbuka mengecam mereka yang menentang Assad, dengan pernyataan Putin baru-baru ini bahwa Moskow akan terus mendukung pemerintah Suriah dalam perlawanan melawan militansi yang didukung pihak asing.

Pertemuan antara Erdogan dan Putin pada tanggal 13 Juni di Baku ketika ibukota Azerbaijan menjadi tuan rumah Olimpiade Eropa. Kedua pemimpin dikabarkan mencapai kesepakatan pada proyek-proyek energi utama, termasuk pembangunan jaringan pipa baru di bawah Laut Hitam. Berbicara kepada wartawan, Erdogan mengatakan bahwa serangan terhadap ISIS di Suriah akan terus berlanjut sampai kelompok tersebut dieliminasi.

Sementara ALN melansir AFP melaporkan bahwa, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan kemarin bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin “menyerah” dalam hal memberikan dukungan kepada rezim Bashar al-Assad di Suriah, pada Rabu (5/8).

“Sikap Putin saat ini terhadap Suriah lebih menggembirakan dari sebelumnya,” kata Erdogan dilansir MEMO dikutip Middle East Update kepada sekelompok wartawan di pesawat kepresidenan saat ia kembali dari perjalanan ke Asia.

Menurut surat kabar Turki Daily Sabah, Erdogan menambahkan, “Dia tidak lagi berpendapat bahwa Rusia akan terus mendukung Assad, sehingga akhirnya saya percaya dia bisa saja menyerah untuk tetap mendukung Assad.” (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...