Berita Dunia Islam Terdepan

Uni Afrika umumkan operasi terbaru melawan Mujahidin Asy-Syabaab

Tentara Uni Afrika berjaga-jaga di depan sebuah Masjid di Mogadishu. (Foto: Reuters)
2

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Pasukan teroris Uni Afrika pada Ahad (19/7/2015) mengatakan bahwa mereka telah meluncurkan serangan baru menargetkan Mujahidin Asy-Syabaab di Somalia selatan dan bersumpah akan mengeluarkan mereka dari daerah pedesaan.

Misi Uni Afrika di Somalia atau AMISOM mengatakan “Operasi Koridor Jubba” telah diluncurkan sejak Jum’at (17/7) di wilayah Bay dan Gedo, selatan ibukota Somalia Mogadishu, bersama dengan pasukan Somalia.

“Operasi akan memastikan bahwa semua wilayah yang tersisa di Somalia akan dibebaskan dan perdamaian dipulihkan,” klaim AMISOM dalam sebuah pernyataan seperti dilaporkan AFP.

Pada bulan lalu, Mujahidin Asy-Syabaab meluncurkan serangan di basis AMISOM yang menewaskan puluhan tentara Burundi. Serangan ini menjadi serangan paling mematikan sejak delapan tahun terakhir.

Asy-Syabaab yang berarti pemuda dalam bahasa Arab, terbentuk sejak tahun 2006 untuk melakukan perlawanan terhadap pendudukan Ethiopia yang memasuki Somalia dan invasi mereka didukung oleh Amerika Serikat untuk menggulingkan Islamic Courts Union (ICU).

Dalam pesan Idul Fitri, amir Asy-Syabaab, Ahmed Diriye atau yang dikenal juga sebagai Ahmed Umar Abu Ubaidah, menyatakan rencananya untuk meningkatkan operasi di luar Somalia khususnya Kenya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...