Berita Dunia Islam Terdepan

45 orang tewas beberapa hari setelah pasukan pro-Hadi mengklaim telah membebaskan Aden

Peta Aden
3

ADEN (Arrahmah.com) – Sedikitnya 45 orang tewas dan terluka dalam penembakan yang dilancarkan oleh milisi Syiah Houtsi di kota pelabuhan Aden, ujar sumber kepada Al Jazeera.

Penembakan yang dilakukan pada Ahad (19/7/2015) menargetkan lingkungan Dar Saad, datang tiga hari setelah pasukan pro- pemerintah Hadi mengklaim telah berhasil membebaskan Aden.

Konflik di Yaman telah berlangsung selama empat bulan dan menewaskan lebih dari 3.500 sejak Arab Saudi dan sekutunya meluncurkan kampanye udara menargetkan Syiah Houtsi.

Hisham Bashraheel, wakil editor surat kabar Yaman Al Ayyam mengatakan kepada Al Jazeera bahwa setelah Houtsi merasakan kekalahan, mereka mulai melepaskan tembakan artileri dan menembakkan roket ke wilayah pemukiman penduduk.

“Dar Saad yang berlokasi di utara Aden, padat dengan bangunan dan banyak pengungsi yang meninggalkan wilayah lain di Aden selama dua bulan terakhir,” katanya.

Bashraheel mengatakan: “Empat puluh delapa meninggal dan 182 terluka dalam penembakan. Di antara korban tewas terdapat 10 anak. Meskipun kota ini sebagian besar telah dibebaskan, masih ada kantong-kantong Houtsi di wilayah pintu masuk ke Aden.”

Pasukan pro-pemerintah Hadi telah berusaha untuk memperketat kontrol mereka atas Aden saat milisi Syiah Houtsi yang didukung Iran melakukan perlawanan di beberapa distrik di sana. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...