Berita Dunia Islam Terdepan

Muslim Liberia merayakan Idul Fitri di tengah wabah Ebola

Ribuan ummat Islam di Liberia merayakan Idul Fitri pada Jum’at (17/7/2015) di tengah seruan kepada ummat Islam untuk berhati-hati dari wabah Ebola.
3

MONROVIA (Arrahmah.com) – Ribuan ummat Islam di Liberia merayakan Idul Fitri pada Jum’at (17/7/2015) di tengah seruan kepada ummat Islam untuk berhati-hati dari wabah Ebola terbaru dan membantu pencegahan dan penyebaran virus mematikan itu.

“Kami bersyukur kepada Allah karena awal dan akhir puasa tahun ini dalam keadaan damai, tidak seperti tahun lalu,” kata Mufti Sheikh Abubakar Sumaworo kepada Anadolu Agency.

“Tapi dengan kasus baru Ebola … kami semua telah sepakat untuk bersama-sama memerangi Ebola,” katanya.

Selama perayaan Idul Fitri di negara Afrika Barat itu, Muslim terlihat berjabat tangan dan berbagi makanan.

Hal ini kontras dengan tahun lalu, ketika ummat Islam dibatasi dari melakukan hal tersebut akibat krisis Ebola.

Sheikh Abubakar Sumaworo mengatakan bahwa komunitas Muslim Liberia tidak harus menunggu pemerintah dan masyarakat internasional untuk memerangi wabah Ebola terbaru, melainkan semua imam dan pemimpin Muslim harus meningkatkan kesadaran akan penyakit ini melalui masjid.

“Hari ini kita menyerukan kepada semua ummat Islam untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap Ebola dengan cara memakamkan mereka yang meninggal akibat Ebola dengan aman dan melaporkan orang yang sakit,” katanya.

Pertemuan imam dan pemimpin Muslim di Liberia dijadwalkan akan berlangsung awal pekan depan, di mana mereka akan menyusun strategi tentang bagaimana membantu memerangi wabah terbaru itu.

“Ramadhan tahun lalu adalah hal yang menyedihkan bagi saya, tapi saya bersyukur kepada Allah bahwa saya masih hidup,” Amanita Kromah, (42), yang kehilangan 16 anggota keluarganya akibat Ebola, mengatakan kepada Anadolu Agency.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...