Berita Dunia Islam Terdepan

Hamas bubarkan organisasi syiah afiliasi Iran dan “Hizbullah” di Gaza

Hamas bubarkan organisasi Syiah, As-Sobirin
12

GAZA (Arrahmah.com) – Hamas membubarkan gerakan As-Sobirin, sebuah organisasi syiah yang terafiliasi dengan Iran dan Hizbulah. Demikian Aman Palestin mengutip laporan Arab21 pada Selasa (7/7/2015).

Mujahidin Palestina, Hamas di Gaza telah mengumumkan pembubaran dan pengharaman gerakan As-Sobirin, sebuah gerakan pro-syiah. Pihak Hamas juga telah mengarahkan agar semua gerakan yang pro-Iran dicekal dan diberhentikan segala aktivitasnya.

Keputusan pihak Palestina dalam pembubaran gerakan As-Sobirin dilakukan pasca menerima banyak permohonan mayoritas penduduk Gaza. Mereka melaporkan kepada Hamas bahwa gerakan tersebut merupakan “pintu gerbang penyebaran Syiah di Gaza.”

Selain gerakan As-Sobirin tidak menyangsikan kesetiaannya kepada Iran, bendera gerakan tersebut juga sangat mirip dengan bendera gerakan Hizbulah di Lebanon. Gambar Khomeini, mantan pemimpin tertinggi Iran juga dilaporkan tergantung pada dinding salah seorang pejabat mereka.

Gerakan As-Sobirin didirikan oleh Hisham Salem, mantan pemimpin gerakan Jihad Al-Islami sekitar dua tahun pasca dirinya dipecat oleh gerakan Jihad Al-Islami karena mencetuskan perbalahan mazhab. Beliau bagaimanapun memberitahu wartawan Al-Monitor bahwa dia dikeluarkan karena terdapat “perbedaan pendapat.”

Selain itu, Hisham Salem juga pernah ditahan oleh Hamas sebanyak 2 kali. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...