Berita Dunia Islam Terdepan

Tebak, dimanakah masjid ini berada?

8

(Arrahmah.com) – Masjid ini mungkin terlihat seperti Masjid yang ditemukan di Turki, tetapi Anda mungkin akan terkejut jika mengetahui dimana sebenarnya masjid in berada.

Dari luar, Anda akan berfikir bahwa Anda berada di Istanbul.
Dari luar, Anda akan berfikir bahwa Anda berada di Istanbul.
Dekorasi masjid yang indah merupakan ciri khas masjid-masjid yang ditemukan dalam gaya Masjid Utsmani di Turki.
Dekorasi masjid yang indah merupakan ciri khas masjid-masjid yang ditemukan dalam gaya Masjid Utsmani di Turki.
Setiap detail mimbar dirancang dengan indah.
Setiap detail mimbar dirancang dengan indah.
Di dinding masjid ini tertulis Asma'ul Husna, Muhammad dan empat Khulafa'ur Rasyidin.
Di dinding masjid ini tertulis Asma’ul Husna, Muhammad dan empat Khulafa’ur Rasyidin.

Jadi di mana Masjid ini? Ternyata masjid ini berada di Tokyo! Ibukota Jepang dan dari gambar di bawah ini, terlihat banyak jama’ah Muslim yang sedang shalat di masjid itu. Komunitas Muslim berkembang di sana.

Terlihat banyak jama'ah Muslim yang sedang shalat di masjid ini.
Terlihat banyak jama’ah Muslim yang sedang shalat di masjid ini.

Tokyo Camii, Tōkyō-jāmii (東京ジャーミイ?) dikenal sebagai Masjid Tokyo, yaitu sebuah masjid dengan budaya Turki terletak di distrik Oyama-cho, Shibuya di Tokyo, Jepang. Ini adalah masjid terbesar di Jepang. Masjid ini awalnya dibangun berdampingan berdampingan sekolah pada 12 Mei 1938 oleh imigran Tatar dari Rusia yang datang ke Jepang setelah Revolusi Oktober. Masjid ini dibangun di bawah arahan Abdürreşid İbrahim, Imam pertama masjid itu, dan Abdülhay Kurban Ali.

Pada tahun 1986, masjid ini harus dibongkar karena mengalami kerusakan yang parah. Di bawah arahan dan dukungan dari Diyanet İşleri Başkanlığı gedung baru mulai dibangun pada tahun 1998. Arsitek untuk bangunan itu bernama Muharrem Hilmi Senalp. Ornamen ini didasarkan pada arsitektur Usmani. Sekitar 70 pengrajin Turki melakukan rincian finishing, dan marmer berkulaitas diimpor dari Turki. Pembangunan masjid itu selesai pada tahun 2000 dengan biaya sekitar 1,5 miliar yen. Peresmian masjid itu berlangsung pada tanggal 30 Juni 2000.

Maa Syaa Allah. Jika Anda berada di Tokyo, pastikan untuk mengunjungi Masjid ini. Semoga Allah melindungi saudara-saudara kita di Jepang dan terus membimbing penduduk di sana. Aamiin..

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...