Berita Dunia Islam Terdepan

Rezim Suriah menjatuhkan sebanyak 10.500 bom barel tahun ini

3

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Rezim Suriah telah menggunakan 10.423 bom barel pada 19.205 serangan udara antara awal tahun ini dan akhir Juni, ungkap Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), sebagaimana dilansir oleh World Bulletin, Jum’at (3/7/2015).

Menurut observatorium itu, serangan udara itu menargetkan beberapa desa, perkotaan dan kota-kota besar di Suriah dari provinsi AlQuneitera di selatan ke provinsi AlHasakah di utaratimur, dan dari Aleppo hingga ke provinsi Daraa.

Helikopter-helikopter itu menjatuhkan sebanyak 10.423 bom barel di daerah yang berbeda di provinsi Damaskus, Aleppo, Homs, Hama, AlHasakah, Deir Ezzor, AlQuneitera, Al Suwaydaa, Daraa, Idlib dan Lattakia.

Pesawat tempur itu melakukan setidaknya 8.782 serangan di daerah-daerah di propinsi Damaskus, Aleppo, Homs, Hama, AlHasakah, Deir Ezzor, AlRaqqa, AlQuneitera, Daraa, AlSuwaydaa, Idlib dan Lattakia.

Akibatnya sebanyak 2.916 warga sipil tewas, termasuk 456 perempuan dan 665 anak-anak, dan lebih dari 18.000 orang terluka sementara puluhan ribu orang mengungsi. Pemboman udara itu juga mengakibatkan kehancuran baik properti publik maupun swasta.

Dewan Keamanan PBB diminta bertanggung jawab atas intensifikasi serangan udara itu karena keengganannya untuk mengeluarkan keputusan yang mengikat untuk menghentikan penembakan secara sembarangan terhadap wilayah sipil.
(ameera/arrahmah.com)
Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...