Berita Dunia Islam Terdepan

Beredar online foto-foto terbaru latihan pasukan Taliban di Afghanistan

special forces
5

(Arrahmah.com) – Sejumlah akun online yang diklaim terkait dengan Taliban mengedarkan foto-foto pelatihan militer di sebuah kamp di Afghanistan.

Foto-toto ini diklaim sebagai foto-foto terbaru latihan pasukan khusus Taliban. Sejumlah pria dengan pakaian militer dan membawa bendera putih bertuliskan kalimat tauhid, yang biasanya digunakan oleh Mujahidin Imarah Islam Afghanistan (IIA), terlihat sedang melakukan latihan militer di sebuah tempat terbuka. Walaupun demikian keontetikan foto-foto ini masih dipertanyakan oleh media berita, sebab foto-foto ini tidak dipublikasikan resmi oleh Al-Emarah atau Voice of Jsihad, sayap media resmi IIA. Juga ada dugaan pasukan khusus yang dimaksud adalah Taliban Pakistan. Gerakan Taliban Pakistan baru-baru ini menyebut pasukan elitnya sebagai “Kelompok Mujahidin Khusus” yang ditunjukkan dalam sebuah video latihan di sebuah kamp pelatihan yang dirilis pada April 2015.

Dalam foto-foto ini menunjukkan puluhan pemuda terlibat latihan fisik dan senjata. Mereka berlatih dengan pistol, senapan mesin dan senjata yang terlihat seperti senjata anti-pesawat. Foto lainnya menunjukkan pasukan ini menggunakan kendaraan seperti truk pickup.

Tidak diketahui di mana kamp pelatihan ini berada, tetapi terlihat di sebuah area pegunungan yang mirip dengan lokasi di Afghanistan. Bendera putih yang sering dipakai oleh Mujahidin IIA dikibarkan dalam hampir setiap sesi latihan.

Salah satu akun jihadi mengklaim bahwa kamp itu biasa digunakan untuk berlatih untuk melakukan serangan-serangan signifikan dan untuk membebaskan wilayah-wilayah yang besar, lansir LWJ pada Kamis (25/6/2015). Klaim ini muncul beberapa hari setelah Mujahidin IIA membebaskan distrik Chahr Dara dan distrik Dashti Archi di provinsi Kunduz, Afghanistan.

Perlu diketahui bahwa Mujahidin IIA tidak rutin mempublikasikan pusat-pusat pelatihan militernya, namun terkadang mempublikasikan kamp-kamp latihannya. Tetapi diyakini mereka memiiki banyak pusat pelatihan di Afghanstan. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...