Berita Dunia Islam Terdepan

Perangi kelaparan, organisasi Islam di Afrika meluncurkan kampanye bantuan makanan untuk mereka yang membutuhkan

Kaum Muslimin di Afrika Selatan memberikan bantuan makanan kepada Muslim Afrika yang membutuhkan. (Foto: OnIslam)
1

AFRIKA (Arrahmah.com) – Meluncurkan kampanye perang melawan kelaparan, sekelompok organisasi Islam telah berlomba-lomba untuk menawarkan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan di Afrika sepanjang bulan Ramadhan.

“Kami telah mendistribusikan paket bahan makanan di Afrika Selatan, Mozambik dan Malawi,” ujar Hassan Choonara, direktur regional Badan Muslim Afrika (AMA) yang berbasis di Afrika Selatan, kepada kantor berita Anadolu.

“Kami juga menyediakan makanan untuk Iftar dan Sahur di 29 negara Afrika.”

Choonara mengatakan organisasinya bertujuan untuk memberi makanan kepada lebih dari tiga juta Muslim di Afrika selama bulan Ramadhan tahun ini yang dimulai pada Kamis (18/6/2015) lalu.

“Tahun lalu, kami memberi makan lebih dari satu juta Muslim sepanjang Ramadhan. Tahun ini, kami berharap bisa menggandakannya tiga kali lipat hingga tiga juta orang, In Syaa Allah,” lanjut Choonara.

Choonara mengatakan AMA telah membangun puluhan Masjid di seluruh benua, di mana anggota stafnya memberikan makanan kepada kaum Muslim yang membutuhkan untuk berbuka dan sahur.

“Untuk memberi makan sebuah desa di setiap Masjid selama Ramadhan setiap harinya kami membutuhkan sekitar 230 dollar (USD),” katanya.

Seiring dengan makanan yang telah matang, organisasi ini juga memberikan paket bahan-bahan makanan mentah untuk keluarga miskin yang lebih suka untuk menyiapkan makanan mereka sendiri.

“Kami biasanya mengumpulkan dana dari masyarakat Muslim Afrika Selatan,” jelas Choonara.

“Ramadhan tahun ini bertepatan dengan Musim Dingin di Afrika. Muslim tidak hanya akan merasa lapar, tetapi juga kedinginan, jadi kami memberi mereka selimut, jaket dan barang-barang musim dingin lainnya,” tambahnya.

Serupa dengan yang dilakukan oleh organisasi AMA, sejumlah badan amal Islam Afrika Selatan lainnya termasuk Islamic Relief South Africa juga memberikan bantuan makanan kepada ribuan Muslim Afrika selama Ramadhan.

“Kami telah mendistribusikan lebih dari 1.100 paket makanan untuk keluarga Muslim miskin di Afrika Selatan dan Zimbabwe,” ujar Abdullah Vawda, manajer penggalangan dana untuk Islamic Relief South Africa.

Paket yang ditawarkan berisi beras, jagung, minyak, gula dan bahan makanan lainnya yang cukup untuk memberi makan keluarga berisi lima orang selama Ramadhan.

“Kami berharap bisa memberikan makan lebih dari 5.000 orang di Afrika Selatan dan Zimbabwe sepanjang Ramadhan ini,” lanjut Abdullah.

“Saya berterima kasih kepada organisasi-organisasi Muslim yang memberikan kami makanan yang dapat kami gunakan untuk berbuka puasa. Kami sangat menghargai itu,” ujar Muhammad Yasin, seorang pria tua dari Enadel, pinggiran kota Johannesburg.

“Alhamdulillah, saya sangat senang,” tambahnya sambil tersenyum dan mengatakan bahwa ia bisa fokus menjalankan ibadah tanpa khawatir di mana ia bisa menemukan makanan untuk berbuka.

Aisha Ali, penduduk Mayfair, pinggiran Johannesburg lainnya juga memuji apa yang dilakukan oleh organisasi Islam yang menawarkan bantuan kepadanya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...