Berita Dunia Islam Terdepan

Yuk ajak anak berinteraksi lebih dalam dengan Al-Qur’an selama Ramadhan dengan kartu pintar ini

6

(Arrahmah.com) – Ramadhan disebut sebagai bulan Al-Qur’an, karena Allah Ta’ala menurunkan Al-Qur’an pada bulan suci ini. Memang, berinteraksi dengan Al-Qur’an tidak harus bulan Ramadhan saja karena membaca Al-Qur’an dianjurkan bagi setiap muslim kapan saja. Tetapi bulan ini sangat tepat untuk lebih mendalami Al-Qur’an disebabkan pahala membacanya yang dilipatgandakan. Bagi para orangtua ini adalah momen yang istimewa untuk mengajak anak-anaknya lebih mengenal kitabullah. Agar mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak menjadi lebih mudah dan menyenangkan bisa menggunakan media kartu pintar, seperti yang dipublikasikan parenthoodmuslimstyle.com pada Senin (15/6/2016).

Bagaimana aktivitas ini berlangsung:

1. Kumpulkan dahulu daftar kata-kata tertentu dalam Al-Qur’an. Setiap kata yang diambil adalah kata-kata dalam ayat Al-Qur’an yang kita rasa sesuai dan mudah untuk dijelaskan kepada anak-anak berumur tiga tahun. Setiap kata ditulis dalam sebuah kartu berikut dengan nomor surat dan ayatnya dan dibungkus dengan amplop Buatlah 30 kartu untuk 30 hari selama Ramadhan. Setiap hari ajak anak-anak akan penuh semangat membuka amplop dan kemudian mencari ayat dalam Al-Qur’an yang ditulis di kartu.2. Carilah waktu yang tepat untuk mengajak anak-anak terlibat aktivitas ini. Buatlah suasana yang menyenangkan dan tidak formal agar anak-anak tidak bosan. Ajaklah anak membuka amplop dan membaca kartunya lalu cari ayatnya dalam Al-Qur’an dan ajak mereka membacanya kemudian diskusikan maknanya.

2. Sambil menjelaskan makna ayat-ayat yang tertulis dalam kartu, ajaklah anak untuk membuat craft-nya menggunakan kain flanel atau yang lainnya.

Contoh:

– Setelah mendiskusikan ayat tentang fase bulan-bulan, buatlah craft gambar bentuk bulan di kain flanel atau sebagainya.

– Buatlah kerajinan felt orang shalat setelah menjelaskan ayat tentang shalat.

– Coba ajak anak menggambar atau membuat craft laba-laba setelah menjelaskan ayat yang terkait dengan laba-laba.

– Ajak anak melihat/mencari semut di kebun atau sekitar rumah setelah mendiskusikan ayat terkait semut.

– Ajak anak melihat/bermain air ketika menjelaskan ayat tentang hujan.

– Ajak anak melihat bintang di malam hari atau menggambarnya setelah membicarakan ayat terkait bintang.

3. Kemudian karya anak-anak di bagan yang telah diberi nomor hari ke 1-30.

Tujuan utama aktivitas ini adalah untuk mengajari kepada anak bagaimana kita bisa mendekat dengan kitabullah Al-Qur’an. Tidak sekedar membacanya, tetapi juga memahaminya dengan menyaksikan tanda-tanda kekuasaan Allah. Dan juga agar anak-anak terbiasa beraktivitas dengan Al-Qur’an dalam kesehariannya, in syaa Allah.

(siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...