Berita Dunia Islam Terdepan

Suara Palestina: Zakat Muslimin Indonesia di Ramadhan 1436 H berarti besar bagi rakyat Gaza yang terjajah

Program Zakat di Gaza
10

GAZA (Arrahmah.com) – Muslim di belahan dunia yang tidak mengalami konflik perang seperti Indonesia dan negara aman lainnya, kini tentunya telah melewati masa persiapan segala sesuatu untuk menyambut kedatangan, kehadiran Bulan Suci Ramadhan 1436 H/2015. Ada yang menyambut tamu agung itu dengan mengecat rumah, mengganti perabotan rumah yang lama, hingga membeli pakaian baik itu baju baru lebaran maupun baju koko atau mukena untuk sholat tarawih maupun sholat 5 waktu. Tak sedikit pula yang sibuk dengan membeli bahan pokok lainnya terutama bahan makanan dan perlengkapan dapur kebutuhan selama bulan puasa baik untuk Sahur maupun untuk santapan berbuka puasa.

Sayangnya, menurut Abdullah Onim, Rabu (17/6/2015), hal tersebut jauh dari apa yang dirasakan Muslimin di Gaza yang terjajah. Hingga kini, sudah lebih dari 8 tahun wilayah Gaza masih dibawah blokade Zionis “Israel”. Bahkan, diperparah dengan penutupan akses pintu Perlintasan Rafah, maka semakin sulitlah bahan bantuan kemanusiaan untuk masuk ke wilayah Gaza.

“Sebagian dari wilayah Gaza pun masih terlihat porak poranda paska agresi Militer Zionis atas Gaza pada musim panas akhir tahun 2014, puluhan Masjid rata tanah akibat diterpa bom dan roket zionis israel, terlihat ratusan masjid masuh hancur dan porak poranda belum di renovasi dan perbaikan, sedangkan tamu mulia yang selalu dinantikan oleh Umat Islam Dunia yaitu Bulan Suci Ramadhan telah tiba,” ujar Bang Onim, demikian sapaan akrab Chairman Radio Suara Palestina itu, kepada Arrahmah.

Ia menambahkan, bahwa kini tercatat lebih dari 24 ribu wanita menjadi janda di Gaza, maka ratusan ribu anak yatim pun tersebar di beberapa wilayah di Gaza. Selain itu, mayoritas dari warga Gaza hidup di bawah garis kemiskinan juga tergolong kaum fakir.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, Manajemen Radio Suara Palestina di Gaza City membentuk sebuah wadah yang berfungsi untuk menghimpun bantuan dari Muslimin Indonesia, berupa Wadah Zakat Gaza Palestina (Zakat For Gaza Zakat For Bumi Syam). Program kedermawanan Islami ini diharapkan secara khusus dapat menangani zakat khusus (zakat fitrah), dimana penyalurannya khusus ke wilayah konflik di bumi Syam termasuk wilayah Gaza Palestina.

Program ini secara rutin disiarkan melalui Radio Suara Palestina (RSP) langsung dari Gaza City dalam acara Zakat for Gaza. Acara khusus di bulan Ramadhan ini memfasilitasi Muslimin Indonesia untuk berderma kepada rakyat Gaza yang memang membutuhkan bantuan, baik melalui zakat fitrah, zakat maal, infak, dan sedekah.

Selain itu, RSP secara rutin menyiarkan kondisi terkini Gaza Palestina dan Masjid Al-Aqsa melalui Radio Streaming suarapal.net. Siaran itu berlangsung satu hari 2 kali pada pukul 13.00 WIB. Sementara acara Gaza Tonight disiarkan live setiap malam, pukul 20.00 WIB.), membuka

“Radio yang beroperasi di Gaza City ini memiliki 5 pegawai tetap, tentu asli warga Gaza dan lebih dari 10 tenaga lepas yang siap menyalurkan Zakat Fitrah di beberapa titik di Gaza,” terang Bang Onim.

“Demi kelancaran dan ketertiban, merata dalam proses penyaluran Zakat Firtah, zakat maal, infak dan sedekah, tak lepas kami berkoordinasi dengan NGO lokal di masing-masing wilayah sasaran distribusi,” tambahnya.

Adapun program spesial khusus dibulan Ramadhan 1436 H ini berupa,

  • Penyaluran Zakat tunai.
  • Pembelian baju baru untuk Lebaran.
  • Bahan makanan atau sembako.
  • Menyediakan makanan Sahur dan santapan buka puasa di Masjid-masjid.
  • Menyalurkan makanan Sahur dan buka puasa kepada para janda, yatim dan keluarga fakir ke masing-masing rumah mereka.
  • dan beberapa program lainnya..

Wilayah disribusi zakat:
– Gaza City.
– Gaza Timur.
– Gaza Utara.
– Gaza Selatan.
– Gaza Tengah.

“Untuk penyelenggaraan berbagai program bantuan kemanusiaan untuk Gaza Palestina, khususnya Program Spesial di bulan Suci Ramadhan 1436 H / 2015 ini, kami membuka peluang kerja sama bagi NGO-NGO di Indonesia baik Lembaga Swasta maupun Lembaga Pemerintahan. Mari kita berbuat demi kebaikan mereka dan berkah kita raih bersama,” ujar Bang Onim.

Pada Juli 2014, Generasi Indonesia yang menetap dan menikah dengan Muslimah Gaza itu, menggunakan dana pribadinya untuk membentuk Radio Suara Palestina sebagai wadah dakwah dari Gaza ke Nusantara dan menyebar berita realitas Palestian dan Masjid Alaqsa ) saat terjadi agresi israel ke wilayah Gaza. Sejak saat itulah berbagai kegiatan sosial dan misi kemanusiaan bagi rakyat Gaza Palestina dari Muslimin Indonesia mulai berlangsung, seperti :

  • Penyaluran SEMBAKO.
  • Distribusi Selimut Hangat.
  • Distribusi Jaket Hangat.
  • Distribusi Perlengkapan Sekolah.
  • Bantuan bahan makanan bagi para pasien di RS Pemerintah Palestina/RS.Kamal Udwan.
  • Distribusi santunan tunai bagi anak yatim.
  • Distibusi Santunan tunai bagi janda.
  • Beasiswa tunai bagi mahasiswa/i Gaza.
  • Mengadakan program hewan qurban di Gaza.

“Dalam proses distribusi bantuan kemansuiaan langsung ke warga Gaza, alhamdulillah beberapa NGO Besar dari Indonesia sudah menjalin kerja sama sebagai mitra Misi Kemanusiaan di Gaza Palestina serta rutin berkomunikasi dengan kami. Begitu juga beberapa media mainstream menjalin mitra dengan RadioSP, selain untuk merealisasikan projek di Gaza, tak lepas kami berkoordinir dengan pemerintah Palestina di Gaza,” ujar Chairman radio itu.

“[Tentang] Dana operasional Radio Suara Palestina, saat ini Radio SP sudah memiliki 5 pegawai asal Gaza serta memiliki puluhan relawan, kami membuka rekening khusus operasional Radio SP, tentunya tidak bercampur dengan Rekening khusus amanah untuk Palestina alias terpisah/otomatis kami salurkan kepada warga Gaza Palestina. Dana yang masuk ke rek. khusus operasional RadioSP kami gunakan untuk membayar Honor pegawai Radio SP dan juga tenaga lepas kami,” jelasnya.

Kepada Arrahmah ia menyampaikan harapan, “Semoga program Zakat ini, sedikit banyak dapat menyentuh langsung ke titik-titik yang akan menjadi sasaran disribusi Zakat, infak dan sedekah.”

warga Gaza berbaris mengantre pembagian bantuan di tengah reruntuhan desa mereka
Warga Gaza berbaris mengantre pembagian bantuan di tengah reruntuhan desa mereka
Para janda mendapatkan bantuan dana melalui  Radio Suara Palestina
Para janda mendapatkan bantuan dana melalui Radio Suara Palestina
Anak-anak yatim di Gaza mendapatkan paket melalui RSP
Anak-anak yatim di Gaza mendapatkan paket melalui RSP
Salah satu bangunan yang hancur dibom "Israel" tahun lalu mendapat dana renovasi
Salah satu bangunan yang hancur dibom “Israel” tahun lalu mendapat dana renovasi

Rekening Zakat For Gaza : 6900090001 A.n:Abdillah Onim
Layanan Zakat & Konfirmasi Zakat, Call / SMS WA : + 972 59 8058513.
Email : [email protected] – cc ke [email protected]
FB Fanpage : Abdillah Onim Journalist

(adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...