Berita Dunia Islam Terdepan

Awal Ramadhan serentak, Menag: Karena fenomena alam

Konferensi pers terkait hasil sidang itsbat penentuan awal Ramadhan 1436H, di Jakarta Selasa (16/6/2015)
19

JAKARTA (Arrahmah.com) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan serentaknya awal Ramadhan 1436 Hijriah/2015 Masehi salah satu sebabnya karena fenomena alam.

“Kita sama karena fenomena alam, keberadaan hilal (bulan) itu sendiri. Ini karunia Allah yang meletakkan posisi hilal sedemikian rupa sehingga Ramadhan di Indonesia bisa bersamaan,” kata Menag Lukman di kantornya, Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (16/6/2015), lansir Antara.

Lukman mengatakan pihaknya sangat bersyukur dengan karunia itu. Selanjutnya, Kemenag bersama ormas Islam dan ahli astronomi akan terus berupaya dalam menyamakan cara pandang dalam memandang hilal.

Hilal sendiri sangat menentukan waktu ibadah bagi umat Islam sehingga keberadaannya sangat penting. Dengan melihat atau menghitung posisi hilal ini dapat ditentukan waktu shalat, awal dan akhir puasa dan ibadah lainnya yang merujuk pada waktu peredaran bulan.

Pemerintah juga baru saja secara resmi menetapkan 1 Ramadhan 1436 H jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015. Dengan begitu, tidak ada perbedaan awal puasa dengan salah satu ormas Islam yang beberapa kali tidak sama dengan pemerintah, yaitu Muhammadiyah.

Sementara Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menyambut baik atas serentaknya awal Ramadhan tersebut.

Lebih lanjut, Din mengapresiasi Menag Lukman yang telah jauh hari sebelum sidang isbat telah melakukan pendekatan ke Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama terkait penyatuan Kalender Hijriah.

Dalam upaya itu juga dibahas tentang penyamaan pandangan tentang penetapan awal puasa dan juga pembahasan tentang rukyat dan hisab. (azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...