Berita Dunia Islam Terdepan

4 sekolah di Inggris melarang siswanya berpuasa di bulan Ramadhan

8

LONDON (Arrahmah.com) – Sebanyak empat sekolah dasar di Inggris telah memberlakukan larangan puasa bagi siswa Muslim selama bulan Ramadhan, menurut media Inggris, sebagaimana dilansir oleh World Bulletin, Selasa (16/6/2015).

Sekolah Dasar Barclay di timur London – salah satu dari empat sekolah yang beroperasi di bawah yayasan Lion Academy Trust memberitahukan kepada orang tua siswa tentang keputusan tersebut dalam surat yang dikirim minggu lalu.

Ditulis oleh kepala sekolah, Aaron Wright, surat itu menegaskan bahwa berdasarkan hukum Islam anak-anak tidak diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan, tetapi hanya diminta untuk melakukannya ketika mereka dewasa.

Sebelumnya, kami telah memiliki sejumlah anak yang sakit dan pingsan atau yang sudah tidak dapat sepenuhnya mengakses kurikulum sekolah dalam upaya mereka untuk berpuasa,” ungkap kepala sekolah.

Dalam surat itu menyebutkan bahwa durasi puasa yang berlangsung selama 18 jam pada tahun lalu merupakan waktu cukup panjang bagi anak-anak tanpa asupan makanan dan air.

Asosiasi Muslim Inggris (MAB) mengecam larangan puasa itu.

Kami percaya bahwa ada aturan yang cukup ketat dan dalam Islam yang memungkinkan orang-orang yang tidak mampu berpuasa, untuk berbuka puasa,” ungkap juru bicara asosiasi itu sebagaimana yang dikutip oleh Mail Online.

Asosiasi itu juga menekankan bahwa ini adalah keputusan yang harus diserahkan kepada orang tua siswa.

Tiga sekolah lain yang akan menerapkan larangan tersebut adalah sekolah dasar Sybourn, Thomas Gamuel dan Brook House.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...