Berita Dunia Islam Terdepan

AS memindahkan 6 tahanan Guantanamo ke Oman

3

OMAN (Arrahmah.com) – Enam warga Yaman yang ditahan selama lebih dari satu dekade di penjara militer AS di Guantanamo telah diterbangkan ke Oman, Pentagon mengatakan pada Sabtu (13/6/2015), seperti dilansir WB.

Pemindahan itu dilakukan seminggu setelah Menteri Pertahanan Ash Carter mengatakan dia bekerja dengan Gedung Putih dengan sebuah proposal supaya Kongres menutup penjara yang dikecam secara internasional di pangkalan angkatan laut di Kuba itu, di mana sebagian besar tahanan telah ditahan tanpa kejelasan tuduhan atau pengadilan.

Tidak ada lagi pemindahan tahanan dalam jumlah besar, dalam waktu dekat, kata seorang pejabat senior AS, meskipun ada upaya untuk terus memulangkan tahanan atau menetapkannya di tempat lain.

Enam orang yang dikirim ke Oman, sebuah kesultanan yang berbatasan dengan Yaman di ujung Semenanjung Arab, diidentifikasi sebagai tahanan berisiko rendah yang telah “dibersihkan” tahun lalu untuk pemindahan.

69 warga Yaman yang masih ditahan di Guantanamo merupakan lebih dari setengah tahanan yang tersisa, tapi Washington telah mengesampingkan pemulangan mereka dengan alasan situasi keamanan yang kacau.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...