Berita Dunia Islam Terdepan

Ramadhan dijadikan momentum oleh Muslim Kanada untuk berbagi

Kampanye Give 30 di Kanada. (Foto: OnIslam)
0

TORONTO (Arrahmah.com) – Muslim Kanada telah meluncurkan kampanye di seluruh negeri untuk memberikan makan bagi mereka yang kelaparan selama bulan suci Ramadhan, yang akan dimulai pada Kamis (18/6/2015) di Amerika Utara.

“Tas coklat makan siang Anda selama satu bulan atau uang kopi selama 30 hari,” ujar pendiri Give 30, Ziyaad Mia seperti dilansir OnIslam.

“Apa pun itu, itu bisa membuat perbedaan dalam kehidupan mereka yang tidak memiliki makanan yang cukup.”

Give 30 dirancang untuk memotivasi Muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan untuk menyumbangkan uang yang mereka simpan karena tidak harus membeli makan siang selama satu bulan.

Orang-orang yang tidak berpuasa juga bisa mengambil bagian, ujar Ziyaad Mia. Ia mengungkapkan bahwa sumbangan bisa datang dari orang-orang dari semua agama dan latar belakang.

Didirikan pada tahun 2012, Give 30 telah menjadi kampanye nasional dengan sebelas mitra bank makanan di enam provinsi.

Inisiatif ini telah mengangkat hampir 250.000 USD untuk memerangi kelaparan selama tiga kampanye terakhir.

“Ini adalah gerakan akar rumput yang terjadi di seluruh Kanada,” ujar Mia.

Ramadhan berlangsung dari 18 Juni hingga 16 Juli 2015 di Kanada dan di tahun ini kampanye Give 30 diperpanjang hingga 11 September.

Mengalami kesuksesan

Pengacara Toronto dan aktivis sosial mengatakan kampanye Give 30 mengalami kesuksesan karena kesederhanaan ide dan kekuatan media sosial.

“Meskipun kota kami mengalami kemakmuran, namun kelaparan terus menjadi tantangan bagi beberapa tetangga kami,” ujar bank makanan Toronto Daily Bread dalam sebuah pernyataan.

“Tahun lalu, Daily Bread menerima lebih dari 700.000 kunjungan klien dan sepertiga dari mereka adalah anak-anak.”

“Bersama kita bisa membangun kota yang lebih baik dan masyarakat yang lebih baik di mana setiap orang diberikan martabat, rasa hormat dan kasih sayang,” lanjut Daily Bread dalam pernyataannya.

Ramadhan adalah tentang memberi, membangun komunitas dan memahami tantangan kelaparan, ujar Mia.

Give 30 telah aktif berjalan di Toronto, Edmonton, Calgary, Quebec, Mississagua, Ottawa, Vancouver, Winnipeg, Regina dan Kingston.

Islam merupakan agama yang paling cepat berkembang di Kanada, menurut laporan kantor statistik Kanada. Populasi Muslim meningkat 82 persen selama dekade terakhir sekitar 579.000 pada tahun 2011 dan menjadi lebih dari 1 juta pada tahun 2011. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...