Berita Dunia Islam Terdepan

Rusia akan pasok S-300 anti-rudal ke Iran

Sistem persenjataan anti-rudal S-300 yang akan dipasok Rusia ke Iran
7

KREMLIN (Arrahmah.com) – Produsen senjata negara Rusia Almaz-Antey pada hari Selasa (2/6/2015) akan memasok Iran dengan sistem rudal canggih S-300 begitu perjanjian komersial tercapai. Demikian Muqawamah melaporkan pada Rabu (3/5/).

Kepala eksekutif perusahaan, Yan Novikov, menegaskan bahwa, “Moskow telah menghapus pembatasan pengiriman senjata ke Tehran yang sebelumnya diberlakukan di bawah tekanan dari Barat pada tahun 2010.”

Dia tidak mengatakan kapan pengiriman tersebut akan berlangsung atau seberapa dekat kesepakatan itu akan dilaksanakan.

“Semua pembatasan telah dicabut oleh otoritas politik. Ketika ada kontrak, kami akan menyediakan sistem rudal tersebut termasuk ke Iran,” ujarnya dalam konferensi pers ketika ditanya apakah Almaz-Antey akan memasok sistem rudal ke Iran.

April lalu, Presiden Vladimir Putin menandatangani sebuah dekrit yang mengakhiri larangan penjualan sistem S-300 pada Iran.

Keputusan tersebut terjadi setelah kekuatan dunia, termasuk Rusia, mencapai kesepakatan sementara dengan Iran dalam persoalan pembatasan program nuklir Iran.

Tindakan Rusia ini semakin menegaskan campur tangan kotor Rusia di dunia Islam, setelah sebelumnya mempersenjatai rezim Syiah Bassar Assad. Kini Rusia kembali mempersenjatai induk negara Syiah dunia, yakni Iran yang telah lama berambisi untuk menghancurkan Islam. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...