Berita Dunia Islam Terdepan

Bantuan Turki terhadap Gaza tahun ini mencapai 75,6 juta dolar

54

Support Us

ANKARA (Arrahmah.com) – Seorang juru bicara kementerian Turki Luar Negeri telah mengungkapkan bahwa bantuan Turki ke Jalur Gaza sepanjang tahun ini sebesar 75,6 juta dolar AS. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Tanju Bilgic, total bantuan Turki ke Palestina sudah mencapai 369 juta dolar AS; pada tahun 2014 saja jumlah bantuan Turki sebesar 76,3 juta dolar AS, lansir MEMO, Kamis (28/5/2015).

Bilgic mengatakan bahwa selama konferensi rekonstruksi Gaza yang diselenggarakan di Kairo pada Oktober lalu, Turki berjanji untuk memberikan bantuan sebesar 200 juta dolar AS antara tahun 2015 dan 2017.

“Nilai total proyek yang telah kami selesaikan di Gaza pada tahun 2015 melalui Kerjasama Turkish Cooperation and Coordination Agency (TIKA) hampir 1,5 juta dolar AS. Sementara sebesar 25,8 juta dolar AS adalah nilai proyek yang sedang berlangsung.

“Itu selain proyek-proyek yang direncanakan akan dilaksanakan dengan nilai sekitar 11,3 juta dolar AS.” tambahnya.

“Kita akan mulai mendistribusikan bantuan yang diberlakukan tahun ini dengan perdana menteri Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) dan Bulan Sabit Merah Turki senilai $ 34.000.000,” tambah Bilgic. Dia menegaskan bahwa Turki akan terus berupaya untuk memenuhi semua kebutuhan Palestina.

Menurut Anadolu Agency, sumber-sumber diplomatik melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Turki Mouloud Jawish Ihsanoglu mengatakan kepada Dewan Luar Negeri Organisasi Kerjasama Islam di Kuwait bahwa ia telah bertemu Presiden Palestina, Riyad Al-Malki dan membahas bantuan Turki ke Palestina.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah