Berita Dunia Islam Terdepan

Qatar janjikan bantuan sebesar 50 juta dollar untuk membantu Indonesia yang menampung Muslim Rohingya

125

Support Us

DOHA (Arrahmah.com) – Negara yang kaya akan gas, Qatar, berjanji akan memberikan bantuan sebesar 50 juta USD untuk membantu Indonesia yang menampung Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan yang mereka alami di Myanmar, ujar laporan kantor berita resmi QNA pada Kamis (28/5/2015).

Indonesia, Malaysia dan Thailand sebelumnya mencegah kapal yang penuh dengan pengungsi Rohingya mendarat di pantai mereka. Namun para nelayan dari Aceh menyelamatkan kapal-kapal tersebut karena alasan kemanusiaan.

Bantuan yang dijanjikan oleh Qatar diumumkan oleh Emir Qatar, Sheikh Tamim saat ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia di Doha, seperti dilansir Al Arabiya.

Ia memerintahkan dikeluarkannya sumbangan sebesar 50 juta USD untuk pemerintah Indonesia untuk membantu menutupi biaya penampungan imigran asal Myanmar dan Bangladesh.

Lebih dari 3.500 orang telah berenang ke darat atau diselamatkan di lepas pantai Malaysia dan Indonesia sejak krisis meletus awal bulan ini.

Ribuan Muslim Rohingya melarikan diri dari penganiayaan oleh Budhis Myanmar, mereka berusaha keluar dari rumah dan berupaya mencari perlindungan ke negara lain dengan menaiki kapal sederhana.

Pemerintah Myanmar sendiri menyatakan bahwa lebih dari 1,3 juta Muslim Rohingya yang telah hidup selama puluhan tahun di sana sebagai imigran ilegal dari negara tetangga Bangladesh dan menolak untuk memberikan kewarganegaraan kepada mereka. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan