Berita Dunia Islam Terdepan

Ratusan orang memprotes hukuman mati Mursi di Istanbul

43

Support Us

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Ratusan orang mengelar aksi unjuk rasa di Istanbul pada Ahad (17/5) untuk memprotes keputusan pengadilan Mesir yang menjatuhkan hukuman mati kepada mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi, sebagaimana dilansir oleh World Bulletin.

Para demonstran berkumpul di halaman Masjid Fatih, beberapa di antaranya membawa spanduk bertuliskan: Pembunuh [mantan panglima militer Mesir dan pemimpin kudeta Abdel Fattah alSisi] Sisi, kami bersama Anda, Morsi“, dan “Hakim Prokudeta tidak bisa menghakimi Mursi .

Demonstrasi tersebut dipimpin oleh organisasi non-pemerintah Turki, termasuk Asosiasi Kebebasan Pemikiran dan Hak Pendidikan, atau OzgurDer dan Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH).

Wakil Presiden IHH Osman Atalay mendesak PBB dan Amnesty International mengambil tindakan untuk mencegah eksekusi pemimpin Mesir dan orang Mesir lainnya yang termasuk dalam kasus ini.

Harga dari eksekusi ini akan luar biasa,” Atalay memperingatkan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menyerukan kepada dunia Barat untuk mengambil sikap terhadap keputusan pengadilan Kairo dan mengkritik kebisuan mereka atas masalah ini.

Pengadilan Mesir pada Sabtu (16/5) menyebutkan sebanyak 122 dari 166 terdakwa, termasuk Mursi kemungkinan dijatuhi hukuman mati atas tuduhan pembobolan penjara dan spionase,

Keluarga Mursi tidak menghadiri sidang pengadilan yang digelar pada Sabtu itu, mengutip penolakan mereka terhadap legitimasi pengadilan.”

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan