Berita Dunia Islam Terdepan

Freedom Flotilla III siap berlayar dari Swedia untuk mendobrak pengepungan Gaza

42

Support Us

STOCKHOLM (Arrahmah.com) – Kampanye Eropa untuk ‘Mengakhiri Pengepungan Gaza’ mengumumkan bahwa pada Senin (18/5/2015) kapal pertama akan ambil bagian dalam Freedom Flotilla III yang berlayar dari Gothenburg, Swedia, menuju ke Kopenhagen, Denmark, untuk perjalanan hampir 5.000 mil laut ke Jalur Gaza yang diblokade, Anadolu Agency melaporkan, (Rabu (13/5).

Dalam pernyataan yang dikeluarkan kemarin, Selasa (12/5) kelompok itu mengatakan bahwa kapal Marianne akan bergabung dengan Kapal Swedia serta Kapal Norwegia dan nantinya kapal itu akan bergabung dengan kapal-kapal lainnya dalam perjalanan menuju Gaza.

Freedom Flotilla I dipimpin oleh kapal Mavi Marmara Turki berangkat menuju Jalur Gaza yang terkepung pada Mei 2010, akan tetapi pasukan “Israel” menyerang kapal itu di perairan internasional yang menyebabkan sepuluh aktivis meninggal dan yang lainnya terluka.

Presiden Kampanye Eropa untuk ‘Mengakhiri Pengepungan terhadap Gaza’, Mazen Kahil, mengatakan bahwa upaya internasional seperti ini akan terus dilakukan untuk mencapai Jalur Gaza yang terkepung selama delapan tahun.

Kahil mengatakan bahwa upaya ini bertujuan untuk membuat masyarakat internasional memikul tanggung jawab mereka dan menjadikan kasus pengepungan Gaza sebagai prioitas dalam agenda politik, dan upaya ini akan terus dilakukan untuk mengakhiri blokade “Israel” terhadap Gaza.

Kahil menyerukan kepada semua pemangku kepentingan dan aktivis internasional untuk ikut bergabung dalam kampanye ini untuk mengakhiri blokade Gaza, dan untuk membantu meringankan penderitaan warga sipil di Gaza.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan