Berita Dunia Islam Terdepan

Makanan dan minuman yang mampu mengurangi resiko Alzheimer

58

Support Us

(Arrahmah.com) – Diet Mediterranean baru (MIND) dikatakan mampu mengurangi resiko terkena Alzheimer hingga 53 persen. Ada 10 makanan dan minuman yang masuk kategori sehat untuk otak menurut diet MIND. Berikut beberapa makanan dan minuman yang mampu mengurangi resiko terkena Alzheimer:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Diet MIND menyarankan untuk menyantap secara rutin sayuran berdaun hijau. Bayam, brokoli, sayuran hijau lainnya kaya akan vitamin A, C dan gizi lain. Dua kali seminggu makanan sayuran berdaun hijau bisa membantu secara signifikan. Hasil maksimal untuk otak diperoleh dengan konsumsi 6 kali atau lebih dalam seminggu.

2. Sayuran Lain

Jika diet lain berfokus pada pengurangan berat badan dan kesehatan jantung, MIND menegaskan pentingnya sayuran bagi kesehatan otak. Peneliti menyarankan untuk makan salad dan setidaknya satu jenis sayur lain setiap hari untuk mengurangi resiko Alzheimer.

3. Kacang-kacangan

Kacang adalah cemilan yang sehat untuk otak. Demikian menurut studi diet MIND. Kacang mengandung lemak tak jenuh yang sehat, serat dan antioksidan. Studi lain menemukan kacang bisa mengurangi kolesterol buruk dan resiko penyakit jantung. Diet MIND menyarankan makan kacang setidaknya lima kali dalam seminggu.

4. Blueberry

Buah buni (beri) satu-satunya jenis buah yang direkomendasikan secara khusus oleh diet ala MIND. Khususnya, blueberry. Disarankan untuk makan buah buni setidaknya dua kali dalam seminggu.

5. Polong-polongan

Selain kaya akan serat dan protein, serta rendah kalori dan lemak, polong juga membantu otak Anda tetap sehat. Para ilmuwan menyarankan untuk makan polong-polongan tiga kali seminggu.

6. Whole Grain

Serealia utuh atau whole grains adalah komponen utama diet MIND. Setidaknya tiga kali sehari disarankan untuk menyantap makanan mengandung whole grain.

7. Ikan

Hasil studi diet MIND menemukan, bahwa dengan makan ikan setidaknya seminggu sekali, bisa membantu melindungi fungsi otak. Studi terbaru berbeda dengan diet Mediterranean lama yang merekomendasikan makan ikan hampir setiap hari.

8. Daging Unggas

Menurut diet MIND, daging putih seperti ayam dan bebek adalah bagian dari pola makan untuk kesehatan otak. Rekomendasinya dua kali atau lebih dalam seminggu.

9. Minyak Zaitun

Minyak ini paling sehat untuk otak. Setidaknya demikian hasil studi diet MIND. Para peneliti menemukan, mereka yang menggunakan minyak zaitun sebagai minyak utama saat memasak, ternyata mendapat perlindungan yang lebih besar terhadap resiko penurunan kemampuan kognitif.

Sumber: http://www.dw.de

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan