Berita Dunia Islam Terdepan

Ayat Al-Qur'an berkumandang kembali di masjid Hagia Sophia setelah 85 tahun

74

Support Us

ISTANBUL (Arrahmah.com)Seorang ulama Muslim untuk pertama kalinya selama 85 tahun membacakan Al-Qur’an di depan umum di dalam masjid Hagia Sophia, Turki.

Sebuah ayat dari Al-Qur’an dibacakan pada Jum’at (17/4) di sebuah acara di Hagia Sophia untuk menandai pembukaan pameran yang bertajuk Cinta Nabi.”

Ayat Al-Qur’an ini dibacakan oleh Ali Tel, imam di Masjid Akseki Hamdi Ahmet di Ankara, ungkap kantor berita Anatolia, sebagaimana dilansir oleh onislam.

Menjadi sebuah gereja selama lebih dari 1.000 tahun dan menjadi sebuah masjid selama 500 lebih, Hagia Sophia merupakan bangunan paling spektakuler di Istanbul. Bangunan itu berubah menjadi masjid setelah Konstantinopel berhasil ditaklukkan oleh Sultan Mehmet II pada tahun 1453.

Pada abad ke-20, Hagia Sophia diubah menjadi museum yang dapat diakses oleh semua orang oleh pendiri sekuler Turki modern.

Pameran yang berlangsung di dalam Hagia Sophia ini adalah sebuah pameran seni kaligrafi yang menunjukkan kisah Nabi Muhammad dan berlangsung hingga 8 Mei.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat tinggi Turki termasuk kepala Diyanet, badan urusan agama negara, Mehmet Gormez.

Pada beberapa kesempatan dalam beberapa tahun terakhir, puluhan ribu Muslim Turki berkumpul di luar Hagia Sofia, mendesak Tayyip Erdogan yang saat itu masih menjabat sebagai Perdana Menteri untuk membuka kembali Hagia Sofia sebagai rumah ibadah bagi Muslim. Namun pemerintah Turki menyatakan penolakannya terhadap tuntutan ini karena tekanan dari pemilih nasionalis.

Sekitar 90 persen dari populasi Turki adalah Muslim Sunni. Turki memiliki ribuan masjid, yang paling terkenal di antaranya adalah Masjid Biru di Istanbul. Disebut masjid biru karena masjid ini dikelilingi dengan ubin biru yang menghiasi dinding interiornya.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan