Berita Dunia Islam Terdepan

Alhamdulillah, Masjid Juma Merah Rusia kembali dibuka setelah ditutup selama 90 tahun

177

Support Us

TOMSK (Arrahmah.com) – Masjid Juma Merah, yang terletak di wilayah Tomsk Rusia telah dibuka kembali untuk ibadah umat Islam setelah ditutup selama 90 tahun, lansir WB pada Kamis (2/4/2015).

Masjid ini pertama kali dibuka pada tahun 1901 namun ditutup pada tahun 1920 dan kemudian sempat digunakan sebagai bioskop lalu bahkan digunakan sebagai restoran yang menyediakan alkohol, astaghfirullah.

Gubernur Tomsk Sergey Jvachkin, Walikota Ivan Kleyin, Ketua Parlemen Republik Chechnya Dukuvah Adurakhmanov, dan Mutfi Republik Chechnya Salah Haci Meciev meresmikan acara pembukaan kembali masjid ini yang juga dihadiri oleh berbagai perwakilan dari komunitas Islam serta ratusan umat Islam yang merupakan bagian dari jamaah.

Para tamu disambut di pintu masuk masjid oleh Perwakilan Mufti Asia Rusia Syaikh Nfigullah Asirov dan Mufti Regional Tomsk serta Imam Masjid Juma Merah Nizomutdin Jumaev.

Imam Regional Tomsk Ozotmutdin Umayev membuka acara dengan bacaan Al-Qur’an dan Syaikh Nafigullah Ahsyrov memberikan pidato, berterima kasih kepada para peserta.

Gubernur Jvachkin juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tomsk yang membantu renovasi masjid dan juga berterima kasih kepada pemimpin Republik Chechnya Ramzan Kadirov. Gubernur Rusia menyampaikan betapa renovasi masjid ini juga memperindah seluruh kota.

(banan/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan