Berita Dunia Islam Terdepan

Operasi Saudi hantam basis Syiah Houtsi Yaman yang menyimpan rudal-rudal jarak jauh

9

YAMAN (Arrahmah.com) – Sebuah operasi militer yang dipimpin Saudi menargetkan basis di mana pemberontak Syiah Houtsi yang didukung Iran telah mempersiapkan rudal-rudal jarak jauh dan mengarahkannya menuju kota Yaman selatan Aden dan negara-negara sekitar, kata seorang pejabat Yaman pada Sabtu (28/3/2015), sebagaimana dilansir WB.

Sementara itu Iran malah membantah tuduhan yang dibuat oleh beberapa pejabat Yaman dan Barat bahwa mereka menyediakan uang dan pelatihan kepada Syiah Houtsi yang memperoleh kemajuan pesat dalam perluasan teritorial di Yaman hingga memicu serangan militer Arab terhadap mereka.

Pejabat yang merupakan seoarang anggota delegasi Yaman pada pertemuan puncak Liga Arab di Mesir itu menunjukkan kepada Reuters gambar ponsel awan oranye berbentuk seperti jamur besar, mengatakan itu adalah kekuatan roket yang meledak di pangkalan setelah itu ditargetkan.

Dia tidak menegaskan ke negara mana roket-roket itu diarahkan.

Pemberontak Houtsi yang berusaha menggulingkan Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi yang didukung baik Saudi maupun Barat berupaya membuat kemajuan sejak koalisi yang dipimpin Saudi melancarkan serangan udara terhadap mereka pada hari Kamis (26/3).

“Ini bukan prioritas kami untuk langsung menghadapi mereka dengan tentara-melawan-tentara karena mereka (Houtsi) memiliki senjata berat,” kata pejabat itu.

“Prioritas kami terhadap mereka adalah masuk dan menjadi kesatuan yang konstan, menetapkan target dan kemudian kami bisa membidik mereka.”

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...