Berita Dunia Islam Terdepan

Tiga remaja Inggris ditangkap di Istanbul dengan tuduhan mencoba bergabung dengan ISIS

3

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Tiga remaja perempuan asal Inggris telah ditangkap di kota Istanbul Turki dengan tuduhan mencoba untuk menyeberangi perbatasan untuk bergabung dengan Daulah Islam (ISIS/IS), ujar pejabat Turki pada Ahad (15/3/2015).

Ketiga remaja yang belum diidentifikasi ini ditahan pada Jum’at (13/3), ujar sumber Turki mengatakan kepada Reuters. Sumber menambahkan bahwa pemerintah Turki dan Inggris tengah membuat pengaturan untuk mendeportasi ketiganya pada minggu
ini.

Polisi di London mengatakan mereka sadar bahwa remaja berusia 17 tahun menghilang dan diduga melakukan perjalanan ke Suriah. Keterangan lebih lanjut mengungkapkan mereka telah melakukan perjalanan dengan remaja laki-laki yang berusia 19 tahun.

“Petugas memperingatkan otoritas Turki yang akhirnya mampu mencegah ketiga remaja, mencegah mereka melakukan perjalanan ke Suriah. Mereka masih dalam tahanan di Turki. Keluarga telah diinformasikan mengenai perkembangan,” klaim pernyataan polisi London.

ISIS mengontrol sejumlah wilayah di Suriah dan Irak. Ini telah menarik ribuan pejuang asing dari Eropa dan tempat lain.

Turki menghadapi banyak kritik dari negara lain karena tidak mampu mengendalikan perbatasannya, namun otoritas Turki balik menyerang kritikan tersebut dengan menuduh negara-negara Eropa gagal untuk mencegah calon Jihadi meninggalkan negaranya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...