Berita Dunia Islam Terdepan

Oposisi Yaman bentuk aliansi nasional untuk melawan Syi’ah Houtis

Warga Yaman melakukan aksi protes menentang Houtis berkuasa
2

SANA’A (Arrahmah.com) – Lawan dari milisi Syi’ah Houtis di Yaman mengumumkan pembentukan aliansi nasional pada Sabtu (14/3/2015) untuk mengembalikan otoritas negara dalam perombakan besar politik Yaman.

Syi’ah Houtis menyerang ibukota Yaman, Sana’a pada September tahun lalu dan membubarkan parlemen bulan lalu. Hal ini menciptakan kekosongan politik yang mengancam Yaman ke arah perang sipil.

Koalisi yang disebut dengan Aliansi Keselamanan Nasional, secara resmi menyatukan para pemain dari seluruh wilayah dan ideologi di Yaman.

“Tujuannya adalah untuk melindungi negara dari kehancuran dan disintegrasi saat mencari jalan untuk membangun federal, demokratik Yaman menolak milisi tidak peduli mereka berada di sisi mana,” ujar Manea al-Matari, seorang mantan pengorganisir protes dan anggota blok seperti dilansir Middle East Online.

Tujuh partai termasuk aktivis, Islamis dan mantan anggota partai berkuasa yang mendukung presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Ini menggantikan Partai Rapat Gabungan, kelompok oposisi yang didirikan tahun 2005.

Tidak ada komentar segera dari Houtis atau dari mediator PBB Jamal Benomar selama wawancara dengan Al Jazeera Arab pada Sabtu kemarin. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...