Berita Dunia Islam Terdepan

Allahu Akbar, pemuda Bandung ini hafal Qur’an 30 juz dalam 1 bulan

Ja'far Fadilah Assyam (19) berhasil hafal 30 Juz Al-Qur'an hanya dalam waktu 1 bulan
14

BANDUNG (Arrahmah.com) – Tak disangka, di balik wajah kalem pemuda asal Bandung ini, ternyata ada tekad yang membara mewujudkan diri sebagai seorang ‘Ahlullah’. Demikian paras Ja’far Fadilah Assyam (19) yang berhasil hafal 30 Juz Al-Qur’an hanya dalam waktu 1 bulan, saat ditemui BI, Ahad (15/3/2015).

“Saya mengikuti program Uzlah Al-Qur’an secara intensif di Padepokan Madani Lembang mulai tanggal 01 Februari sampai 03 Maret kemarin,” ujar Ja’far sumringah, usai acara Wisuda Akbar 30 Juz Pondok Quran ke-3, pada Ahad (15/3).

Dja’far yang baru menyelesaikan pendidikan menengah atas itu mengaku tidak memiliki kiat khusus untuk cepat menghafal. Fokus dan disiplin serta niat untuk membahagiakan kedua orang tua dengan menjadi Hafiz Al-Qur’an adalah modal utama santri.

Ja'far bersama keluarganya, maasyaa Allah
Ja’far bersama keluarganya, maasyaa Allah

“Waktu SMA sudah pernah menghafal 15 Juz. Namun ketika mengikuti Uzlah, saya diharuskan menghafal ulang dari awal hingga juz 30. Cita-cita saya adalah menjadi Ahlullah dan membahagiakan kedua orang tua dengan hafal Al-Qur’an,” paparnya tulus.

Ahlullah dalam makna harfiah berarti para penjaga Allah. Kemuliaan ini disematkan kepada para penghafal Al-Qur’an karena mereka adalah penjaga kalam Allah. Sebagaimana dalam sebuah Hadits riwayat An-Nasai dan Ibnu Majah “Ahlul Qur’an yaitu Ahlullah dan orang-orang khusus yang dipilih-Nya”.

Ja’far diwisuda bersama 399 orang penghafal Al-Qur’an lainnya dari berbagai usia dan tingkatan dalam Wisuda Akbar 30 Juz Pondok Quran ke-3 di Gedung Sate kantor Gubernur Jawa Barat. Para Hafiz dan Hafizah diwisuda langsung oleh Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...