Berita Dunia Islam Terdepan

Pertempuran berlanjut, Mujahidin “Boko Haram” masih menguasai Bama Nigeria

2

NIGERIA (Arrahmah.com) – Anggota “Boko Haram” tetap mengendalikan Bama di timur laut Nigeria, meskipun upaya untuk meyingkirkan mereka dari kota sedang berlangsung, seorang pejabat militer senior setempat mengakui, sebagaimana dilansir WB pada Kamis (12/3/2015).

“Boko Haram” adalah sebutan yang disisipkan musuh-musuh Islam untuk kelompok jihad Nigeria, Jamaati Ahlis Sunnah Lidda’waati wal Jihad.

Laporan-laporan media sebelumnya mengklaim bahwa tentara boneka Nigeria telah merebut kembali Bama, kota terbesar kedua di Borno Nigeria yang bergolak dari tangan Mujahidin “Boko Haram”.

“Ini tidak benar,” kata pejabat tentara, yang meminta namanya dirahasiakan.

Jubrin Gunda, juru bicara kelompok lokal, mengklaim pasukan tentara sedang berusaha memulihkan kota.

“Mereka dekat dengan reklamasi Bama pada hari Selasa, tapi entah bagaimana terjadi hal-hal yang tak seharusnya,” katanya.

“Militer melancarkan serangan lagi kemarin, dan kami berharap untuk mendengar kabar baik segera karena Bama adalah kunci utama,” kata Gunda.

Upaya untuk berbicara dengan Senator Ahmed Zannah, yang berasal dari Bama, tidak berhasil.

Tahun lalu, Zannah menegaskan bahwa anggota “kelompok bersenjata” telah menguasai kota.

Tentara Nigeria baru-baru ini mengklaim merebut beberapa kota dan desa-desa dari mujahidin, menunjukkan kepada media berbagai gambar senjata yang mereka klaim disita dari mujahidin.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...