Berita Dunia Islam Terdepan

WHO: Setiap 40 detik ada kasus bunuh diri

Bunuh diri dengan cara gantung diri
6

JAKARTA (Arrahmah.com) – Jumlah orang yang melakukan bunuh diri setiap tahun mencapai lebih dari 800.000, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berdasarkan jumlah ini, rata-rata satu orang bunuh diri setiap 40 detik.

Badan PBB ini menggambarkan bunuh diri sebagai persoalan kesehatan yang besar, yang harus dihadapi dan ditangani secara tuntas.

Dirjen WHO Margaret Chan mendesak persoalan dimasukkan sebagai persoalan kesehatan yang serius, karena selama ini masalah ini dianggap sebagai sesuatu yang tabu.

Mengutip BBC, WHO juga memperingatkan berbagai berita di media massa soal bunuh diri bisa ditiru oleh orang-orang yang ingin melakukan bunuh diri.

Lembaga ini mengatakan kaum laki-laki kemungkinan tiga kali lebih besar melakukan bunuh diri dibandingkan kaum perempuan.

Dari aspek usia, mereka yang berusia di atas 70 tahun lebih memiliki peluang terbesar untuk menghabisi diri sendiri.

Dalam laporan yang bertema pencegahan bunuh diri ini terungkap pula bahwa bunuh diri termasuk penyebab utama kematian orang-orang berusia antara antara 15 hingga 29 tahun.

Data yang dikumpulkan WHO memperlihatkan 75% pelaku bunuh diri ditemukan di negara berkembang atau negara miskin. (azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...