Berita Dunia Islam Terdepan

Qatar akan membangun kembali 1.000 rumah warga Gaza yang hancur akibat perang

Warga Palestina yang rumahnya hancur setelah dibombardir oleh "Israel", duduk di depan tempat penampungan yang terbuat dari kayu di Khan Younis. (Foto: Reuters)
4

GAZA (Arrahmah.com) – Seorang pejabat Qatar yang mengunjungi kawasan Gaza yang dibom dalam perang musim panas lalu dengan “Israel” pada Selasa (10/3/2015) mengatakan Negara Teluk telah memulai proyek untuk membangun kembali 1.000 rumah sebagai bagian dari 1 milyar dollar bantuan yang dijanjikan.

Mohammad al-Amadi, kepala Komite Qatar untuk Membangun Kembali Gaza mengatakan bahwa pada hari sebelumnya “Israel” telah mengizinkan empat truk semen ke Jalur Gaza sehingga rencana pembangunan tempat tinggal bisa dimulai, ujar laporan Al Arabiya.

Ditanya mengenai pengiriman, badan militer “Israel”yang mengurusi interakhir sipil menolak berkomentar langsung.

“Hari ini kami memulai usaha 1 milyar dollar,” ujar Amadi kepada para wartawan saat ia berdiri di puing-puing rumah sakit yang hancur selama perang Gaza 50 hari.

Para pejabat Palestina dan PBB mengatakan 130.000 rumah telah hancur parah atau rusak dalam pertempuran tersebut.

“Kami ingin lebih banyak negara datang dan membangun Gaza. Gaza menderita perang-perang sebelumnya,” lanjut Amadi.

Pada konferensi donor di Kairo Oktober lalu, sekitar dua bulan setelah konflik terbaru diakhiri dengan “gencatan senjata”, Qatar mengatakan akan memberikan 1 milyar dollar dalam bantuan rekonstruksi untuk Gaza. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...